Bisnis  

Pertamina Akan Tambah 20.000 SPBU Secara Bertahap

kkb127txowwhbysj7vvv 1 Pertamina Akan Tambah 20.000 SPBU Secara Bertahap

detakhukum.com,Jakarta-Direktur Marketing PT Pertamina Patra Niaga sebagai Commercial and Trading Business Group Pertamina,Jumali mengatakan, PT Pertamina akan menambah jaringan SPBU menjadi 15-20 ribu SPBU di masa mendatang, beriringan dengan pengembangan New Bright Store atau bisnis di bidang non bahan bakar (Non Fuel).

“Untuk yang fuel nya akan lebih agresif menambah channel SPBU itu bukan hanya 7000 tapi 15 ribu bahkan 20 ribu secara bertahap, sehingga akan simultan dengan perkembangan new bright store yang merupakan partner Pertamina akan kita kembangkan dengan semua SPBU,” kata Jumali, dalam Grand Opening ‘New Bright Store’ secara virtual, Rabu (12/8).

Oleh karena itu, diperlukan Kerjasama dengan SPBU-SPBU di seluruh Indonesia untuk menghasilkan simbiosis mutualisme antara Pertamina fuel dan non fuel serta dengan masyarakat yang juga mendapat keuntungan berupa kemudahan.

Menurutnya Pertamina bisa mengambil kesempatan pengembangan bisnis di sisi ritel yakni New Bright Store. Karena potensinya menarik dan luar biasa yang bisa digagas dengan mitra di semua SPBU.

“Saya rasa cukup menarik dalam ritel Pertamina bekerjasama dengan mitra-mitra SPBU ingin mengembangkan bisnis non fuel ini salah satunya Bright Store. Dalam ekosistem baru yang bisa dikembangkan adalah potensi bisnis yang luar biasa apabila dikelola dengan baik dengan mitra ke semua SPBU,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama CEO PT Pertamina Patra Niaga (Commercial & Trading Subholding) Mas’ud Khamid, mengatakan bisnis Pertamina tidak hanya berkutat pada sektor minyak dan gas saja melainkan perlu mengembangkan bisnis pada sektor ritel.

“Tidak hanya ngomong soal oil dan gas saja, tapi costumer juga ngomong soal otomotif dan kongkow atau lifestyle. Makannya kita kembangkan itu agar bisa konek dengan pelanggan Pertamina lainnya dengan Bright Store,” kata Mas’ud.

Menurut Mas’ud, SPBU merupakan tempat bertemunya banyak orang dengan berbagai kebutuhan. Misalnya kebutuhan mengisi bahan bakar atau membeli spare part kendaraan atau kebutuhan membeli makanan dan minuman.Oleh karena itu, traffic di SPBU ini memiliki peluang yang bisa dimanfaatkan untuk membuat segmen bisnis baru yakni Bright Store.

Kita bisa create bisnis yang lain kemudian digital advertising, disitu ada spare part mobil, dan produk-produk UKM yang khas di SPBU setiap daerah,ungkapnya.(Mdk/Red)