Bisnis  

Apa Sih Karakteristik Utama Seorang Entrepreneur?

Entrepuneur Apa Sih Karakteristik Utama Seorang Entrepreneur?
Designed by Freepik

Entrepreneurship bukan untuk semua orang? Stresnya mendirikan sebuah bisnis apalagi resiko peluang sukses yang konon katanya kecil banget. Sering sekali bikin orang-orang takut duluan untuk mencoba.

Sebenarnya bukan berarti nggak semua orang bisa jadi entrepreneur, tapi nggak semua orang mau melewati segala resiko dan tanggung jawab menjadi seorang entrepreneur. Apalagi dengan ketakutan pemikiran kehilangan segalanya kalau ujung-ujungnya gagal.

Tapi fakta ini bikin kita bertanya:

“Terus entrepreneur sukses diluar sana apa yang bikin mereka beda? Apa yang bikin mereka berani ambil resiko? Dan apa yang bikin mereka bisa sukses.”

Kalau mau jadi entrepreneur yang punya kesempatan sukses, kamu harus punya 7 karakteristik sifat dan personality ini:

1. Kreatif

Sering banget kalau nggak punya pengalaman sama sekali dengan bisnis yang kita jalani dan sering juga kita nggak punya contoh yang bisa ditiru untuk menghadapi masalah dalam bisnis. Jadi punya kreatifitas dalam mencari jalan keluar dan menyelesaikan masalah konsumen adalah kunci.

2. Punya Passion

Oke, Jangan salah artikan passion dengan hobby ya. Walaupun sering hobby bisa jadi bisnis sukses, tapi sebagian orang salah dalam mengartikannya. Passion adalah tahu apa yang membuat kita untuk semangat menjalani sesuatu. Bisa aja kita passion dengan proses atau bekerja dengan orang lain atau juga bidang bisnisnya.

3. Bisa Memotivasi Diri

Nggak ada orang yang bisa 100% termotivasi terus, dan sering kali juga kita nggak punya orang yang bisa memotivasi kita. Jadi, tahu cara memotivasi diri saat lagi down, itu penting untuk mencapai kesuksesan seorang entrepreneur. Cari tahu apa yang bikin kamu termotivasi, bisa nonton video, baca buku, pergi sama teman atau tidur?

Baca juga:  5 Pesan Bob Sadino Untuk Pengusaha Pemula

4. Berpikir Besar

Sebagai seorang entrepreneur, penting banget kita untuk melihat gambaran besar dari apa yang kita kerjakan. Optimis kalau apa yang kita bayangkan dimasa depan, bisa terjadi. Dengan mengambil langkah-langkah kecil saat ini.

5. Persuasif

Saat kita berbisnis sendiri, kita akan bekerja dengan partner, investor, karyawan, konsumen, dan lainnya. Nah punya skill persuasi yang baik itu penting banget. Agar orang bisa mengerti apa yang kita mau dan mereka bisa setuju dengan pa yang kita sampaikan. Semakin banyak orang percaya, semakin mudah kita untuk sampai ke tujuan. Tujuan = Sukses.

6. Mudah Beradaptasi

Situasi dalam bisnis bisa berubah kapan saja dan terkadang situasi yang di temui itu sesuatu yang kita nggak pernah rencanakan. Jadi, pastikan kamu mudah untuk beradaptasi dengan kondisi dan dapat memaksimalkan kondisi apapun yang dilewati. Ingat, buat rencana itu penting. Tapi, saat situasi yang tak terduga, selalu siap untuk membuat rencana baru.

Baca juga:  Erick Thohir Rombak Direksi Pertamina, Bagaimana Kabar Ahok?

7. Cepat Mengambil Keputusan

Nggak ada yang pasti betul dalam konsep bisnis, semuanya itu serba educated guess. Jadi kala dihadapkan dengan pilihan, jangan terlalu lama menimbang-nimbang.

Karena dampaknya bisa bikin kita malah nggak kemana-mana. Jangan pernah takut sama salah mengambil keputusan, harus selalu positif walaupun salah, pasti ada pembelajaran yang bisa diambil agar kita tumbuh.