Masyarakat Ingin Pisah Menyuarakan Pemekaran Kab Bogor Selatan

WhatsApp Image 2022 11 12 at 12.05.23 Masyarakat Ingin Pisah Menyuarakan Pemekaran Kab Bogor Selatan
Usai acara foto bersama

detakhukum.com, Bogor – Masyarakat Bogor Selatan yang meliputi Kecamatan Cisarua, Megamendung, Ciawi, Caringin, Cijeruk, Taman Sari, Cigombong, ingin memisahkan diri dari induk kabupaten Bogor Cibinong, mereka akan mendeklarasikan pemekaran menjadi Kabupaten Bogor Selatan, keinginan ini sudah disuarakan sejak tahun 2017 lalu, tapi sempat vakum mengingat adanya covid-19  (Corona ).

Untuk menindaklanjuti pemekaran Kabupaten Bogor Selatan ini,maka bertepatan hari pahlawan ke 77 pada 10 November 2022 sejumlah elemen masyarakat berkumpul di Gedung Museum Perjoangan Kota Bogor, diantaranya tokoh masyarakat, tokoh Agama,Budayawan, Organisasi Masyarakat, LSM dan Aliansi konsorsium Masyarakat Bogor Selatan,mengadakan diskusi publik yang dikemas dalam bentuk Obrolan Santai (Obras) tapi serius, berkat kerjasama Kantor Hukum BF & Rekan dengan Perkumpulan Tokoh Masyarakat  (PATOMAS ) Bogor Raya,Kamis (10/11/2022).

Sehingga dalam acara diskusi Obras ini, ternyata dapat menghasilkan solusi dan membangkitkan seluruh hadirin yang hadir dengan semangat baru untuk memperjuangkan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor Selatan.

Acara tersebut sekaligus memperingati Hari Pahlawan ke 77 tahun 2022 yang dimulai jam 13.30 WIB dengan diawali pembacaan doa.

Selaku Moderator Arifin yang juga Presiden Obras dengan tema yakni “Wujudkan Pemerataan Kesejahteraan dan Pembangunan, PATOMAS Dobrak Pemerintah Pusat untuk DOB Kabupaten Bogor Selatan”.

Para Narasumber yang hadir anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, yang juga tokoh masyarakat Bogor selatan Cecep Gogom, beliau menyarankan dalam pandangannya yang sifatnya korektif atau evaluatif terkait Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Selatan, yang ditinjau dari berbagai segi atau faktor antara lain sejarah, luas dan batas wilayah, potensi sumber daya alam dan SDM, jumlah penduduk, tingkat kesejahteraan,  pembangunan, landasan hukum, hingga bersifat teknis misalnya persyaratan pengajuan, konsolidasi, niat dan tekad masyarakat termasuk seluruh kepala desa dan Camat yang ada di Bogor selatan mencetuskan Surat keputusan bersama.

Baca juga:  Kang Emil Cek Hari Pertama PSBB di Bogor, Begini Kondisinya

Diakhir acara, kemudian Panelis membacakan kesimpulan hasil diskusi yang bersifat solutif untuk memecahkan kebuntuan permasalahan selama ini dan bersepakat Kabupaten Bogor bagian atau wilayah selatan layak dimekarkan menjadi DOB Kabupaten Bogor Selatan sehingga kesimpulan tersebut dapat dijadikan materi rekomendasi untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait.

Sekaligus di penghujung acara sekitar jam 17.00 WIB dilakukan pembacaan ikrar bersama untuk perjuangan terbentuknya DOB Selatan dipimpin Ketua Umum Patomas Ahmad Baeti Firdaus.

Usai acara, salah satu tokoh masyarakat Cecep Gogom,  menyebutkan di depan awak media, bahwa Kabupaten Bogor bagian selatan layak dimekarkan atau dijadikan Daerah Otonomi Baru.

“Ya kalau kita mengacu kepada ke 13 besar kabupaten ya memang layak yah untuk dijadikan DOB, pemekaran itu dari mulai Jawa Timur, Jawa Tengah, dan memang yang paling ideal itu Jawa Barat”, jelasnya.

Sebab kata Cecep Gogom melanjutkan, dari ke 13 besar itu untuk pemekaran diantaranya ada Kab. Cirebon, Kab. Sukabumi, Kab. Garut. Kemudian Kab. Bogor merupakan sebuah peringkat awal, kita peringkat satu yang uji kelayakannya dari pilihan  jumlah penduduknya sudah overload, paparnya.

Baca juga:  Rumah Dinas Walikota Bogor Jadi Crisis Centre Corona

“Dengan kapasitas itu tentu idealnya, kalaupun Kab. Bogor mencapai 6 juta penduduk, minimal 13 persen itu kan sebetulnya layak dijadikan tiga wilayah atau empat wilayah”, tegasnya.

WhatsApp Image 2022 11 12 at 12.08.01 Masyarakat Ingin Pisah Menyuarakan Pemekaran Kab Bogor Selatan
Ketua PATOMAS Bogor Raya Ahmad Baeti Firfaus saat diwawancara didampingi Arifin

Di tempat yang sama, Ahmad Baeti Firdaus, Ketua Umum Patomas mengutarakan maksud diadakan acara ini, kan sesuai topiknya, kita mengangkat DOB Bogor Selatan, Justeru adanya Obras atau seminar ini, mudah-mudahan terbangun suatu kekuatan dalam rangka mensinergikan harapan dan cita-cita masyarakat Bogor Selatan untuk bagaimana DOB Selatan segera Goal, harapnya.

Baeti Firdaus menyerukan, “Sehingga ini perlu adanya sinergitas seluruh stakeholder ya, seluruh potensi kekuatan baik itu LSM, Ormas, tokoh masyarakat, politisi yang ada di Bogor Selatan dan seluruh komponen ini harus menjadi satu kekuatan”.

Kemudian setelah terbentuk semua kekuatan yang ada di Bogor Selatan lalu kita lakukan tahapan-tahapan, bagaimana DOB Bogor Selatan segera terealisasi sesuai peraturan dan perundang-undangan sehingga tahapannya jelas, jadi ketika kita punya tujuan ini secara sistematik harus dilakukan, terangnya.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Arifin, Presiden Obras, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Patomas yang telah memberikan kepercayaan penuh terhadap acara diskusi.

Kemudian, kata Arifin, “tadi disimpulkan dari narasumber-narasumber dapatlah beberapa kesimpulan yang intinya seluruh narasumber bersepakat memberikan rekomendasi atau pernyataan sikap bersama terbentuknya DOB baru yaitu Kabupaten Bogor Selatan”,tegasnya

Baca juga:  Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Dorong Percepatan (LSD)

“Sedangkan keberadaan kantor BF & Partners dalam hal ini selaku penyelenggara dan juga Panelis memberikan kesimpulan yang menjadi rekomendasi terhadap Patomas dan rekan-rekan yang melakukan perjuangan”, tuturnya

General Manager BF Law Office & Partners tersebut menyebutkan, BF Law Office & Partners mendapat keputusan hari ini, dalam perjuangan DOB Bogor Selatan diberikan peluang atau kesempatan dan kehormatan sebagai tim hukum di dalam perjuangan pergerakan untuk melahirkan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bogor Selatan”, ungkapnya

Menurut Arifin yang juga  Sekretaris DPC Kongres Advokat Indonesia ( KAI ) Bogor Raya mengatakan, saya rasa itu letak strategisnya bagi BF Law Office & Partners. Karena diberikan kepercayaan, bisa saja orang lain yang menyelenggarakan, habis itu selesai, tapi sekarang diberikan kepercayaan untuk membidangi hukum”, katanya.

“Artinya, pekerjaan BF Law Office & Partners ini akan panjang sampai lahirnya nanti DOB Bogor Selatan, sehingga ikrar yang sudah ditandatanganinya tadi adalah salah satu founding pather berdirinya DOB Bogor Selatan”, urainya

Saya selaku Presiden Obras dan Managing Director BF Law Office & Partners tadi telah menandatangani ikrar para tokoh dan PATOMAS acara tersebut.

Arifin menambahkan, dalam acara ini Obras telah mengadakan edisi ke 3, yang bersamaan hari Pahlawan, dan hari ini lahirlah DOB Selatan, bersama BF Law Office & Partners menjadi salah satu pendiri, pungkasnya (Bur)