Bola  

La Liga Mulai Berlatih Minggu Ini, Pertandingan dilanjutkan Juni?

Laliga 1 La Liga Mulai Berlatih Minggu Ini, Pertandingan dilanjutkan Juni?

tekno, Bola – Klub- klub La Liga diizinkan kembali berlatih minggu ini usai memperoleh persetujuan Kementerian Kesehatan Spanyol Mengenai kembalinya sesi latihan olahraga. Keputusan ini jelas jadi berita baik buat dunia sepak bola.

Betapa tidak, beberapa minggu terakhir sepak bola dihantam berita kurang baik. Mulai dari Eredivisie yang dibatalkan total tanpa juara, kemudian Ligue 1 yang dihentikan total serta mengangkat PSG jadi juara lebih cepat.

Penghentian 2 liga itu membuat sebagian liga- liga top yang lain ketar- ketir, tercantum La Liga, Serie A, serta Premier League. Kemarin Serie A memperoleh lampu hijau untuk menggelar latihan individu, saat ini giliran La Liga yang menerima berita baik.

Protokol Pencegahan

Dilansir dari halaman resmi La Liga, izin kembali berlatih ini pasti tidak sesederhana yang terdengar. La Liga sendiri sudah merancang Return to Training Protocol setelah berdiskusi dengan beberapa pakar kedokteran.

Baca juga:  Lionel Messi Diklaim Lebih Hebat dari Maradona, Sepakat?

Hasilnya, tiap pemain La Liga baru boleh berlatih usai menempuh tes medis yang bakal disediakan oleh staf klub masing- masing. La Liga telah lama merancang kembalinya latihan ini, pasti dengan protokol yang telah disepakati dengan RFEF serta lembaga kedokteran.

Intinya, mereka baru akan berlatih apabila sudah bisa menjamin keselamatan para pemain serta tiap orang yang terlibat. Protokol ini tidak dapat dipandang remeh, bahkan cenderung ketat.

Terdapat 4 fase berbeda dalam protokol tersebut, yang bakal ditempuh dalam periode 4 minggu. Maksudnya, masih perlu waktu kurang- lebih sebulan ke depan saat sebelum pertandingan diselenggarakan kembali.

Tahapan Berlatih

Izin berlatih itu juga tidak serta- merta melepaskan pemain berlatih bersama. Usai menjalani tes medis, para pemain masih wajib berlatih secara individu, walaupun kali ini telah boleh melakukannya di fasilitas luar lapangan latihan klub.

Baca juga:  Arsenal Ikut-Ikutan Memburu Pemertahan (Bek) Achraf Hakimi

Keseriusan latihan bakal ditingkatkan dari minggu ke minggu hingga kesimpulannya mereka telah diizinkan menggelar latihan tim saat sebelum kembali bertanding pada Juni 2020 nanti.

Protokol ketat semacam ini memanglah wajib dicoba. Terlebih, bakal terdapat sebagian pemain yang kembali ke Barca setelah sebulan terakhir menghabiskan waktu di kampung halaman mereka.

Pasti bakal terdapat bonus protokol khusus untuk pemain- pemain seperti itu, terlebih apabila mereka tiba dari zona merah.

The New Normal

Kembalinya La Liga juga bakal jadi pelipur lara untuk publik Spanyol yang betul- betul terpukul berat oleh gempuran virus corona. Presiden La Liga, Javier Tebas, optimistis sepak bola dapat jadi obat terbaik.

Baca juga:  3 Pemain Top yang Bikin Liverpool Lebih Menakutkan Musim Depan

” Krisis ini sudah meninggalkan dampak mendalam untuk kita. Kembalinya sepak bola merupakan ciri bahwa lingkungan sudah melangkah mengarah the new normal. Sepak bola juga bakal bawa kembali elemen kehidupan yang dicintai masyarakat Spanyol,” ujer Tebas.

” Keselamatan banyak orang tetap yang paling utama, jadi kami telah merancang protokol komprehensif untuk melindungi keselamatan seluruh orang yang ikut serta dalam langkah kami mengawali La Liga kembali.”

” Ini kondisi yang belum sempat terjadi tadinya, tetapi kami berharap dapat kembali bermain di bulan Juni serta menyelesaikan musim 19/ 20 pada musim panas nanti,” tandasnya. (bola)