Tips  

7 Langkah Ini Dapat Membantumu Meningkatkan Nilai TOEFL

english TOEFL 7 Langkah Ini Dapat Membantumu Meningkatkan Nilai TOEFL

Meningkatkan nilai TOEFL tentu bukan hal yang mudah bagi pelajar atau peserta yang masih awam dengan yang namanya bahasa inggris. Untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris biasanya para peserta akan belajar diluar sekolah, seperti lembaga kursus yang menyediakan program khusus TOEFL.

Hal itu dikarenakan keterbatasan dalam memperoleh ilmu bahasa inggris ketika berada disekolah. Nah, tapi jangan khawatir. Selain mengikuti kursus resmi, kamu bisa kok berlatih sendiri untuk meningkatkan Nilai TOEFL mu.

Bagaimana caranya? Simak berikut 7 langkah ini dapat membantumu meningkatkan nilai TOEFL.

1. Disiplin

Kenapa disiplin? karena kan kita akan belajar terlebih dahulu secara sendiri jadi kamu wajib disiplin terlebih dahulu. Cobaan terberat pasti berdatangan, mulai dari bosan, malas, jenuh, tergoda dengan ajakan teman dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Tips Mempersiapkan Karir Masa Depan Selama Menjadi Pelajar

Pada saat seperti ini, ingat kembali pada tujuan awal kamu dan lawan godaan-godaan yang menghalangi kamu.

2. Atur Waktu

Setidaknya kali ini luangkan waktumu 2 jam perhari. Waktu yang kamu jadwalkan adalah waktu dimana tidak ada hal lain yang harus kamu pikirkan dan kerjakan. Sehingga fokus kamu hanya untuk TOEFL.

Lebih efektif lagi kalau di waktu tersebut mood kamu sedang baik ya, jadi perhatikan juga langkah yang ke-2 ini.

3. Kumpulkan Soal-Soal

belajar freepik 7 Langkah Ini Dapat Membantumu Meningkatkan Nilai TOEFL

Nah, setelah langkah 1 dan 2 kamu kerjakan saatnya kumpulkan soal beserta pembahasan sebanyak-banyaknya dan kemudian cobalah untuk menjawab. Semakin banyak soal yang kamu bahas, kamu akan terbiasa dengan soal-soal TOEFL.

Kamu bisa mendapatkan soal-soal tersebut melalui buku atau kamu juga bisa download bahkan ada situs yang menyediakan ebook secara gratis kok.

Baca juga:  Nadin Amizah, Sosok Yang Mencuri Perhatian Warga Social Media

4. Tes Kemampuanmu

Setelah itu tes kemampuanmu dengan mengikuti TOEFL Preparation atau melakukannya sendiri. Tes ini bertujuan untuk mengetahui dimana letak kelemahanmu dan berapa skor yang kamu dapat, sehingga kamu bisa melakukan koreksi.

Selain mengikuti TOEFL Preparation, kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan soal-soal yang kamu dapat, namun tetap harus berkomitmen dengan aturannya.

5. Cari Bahan Referensi

Jangan malas mencari bahan referensi tambahan untuk meningkatkan skill TOEFL kamu. Meskipun soal yang kamu dapatkan juga tersedia pembahasannya, jika ada pembahasan yang tidak kamu mengerti, jangan malas untuk mencari sumber lain sehingga kamu dapat memahaminya.

Melewatkan satu soal berarti kamu telah melewatkan kesempatan soal yang bisa jadi itu muncul ketika tes nanti.

7. Meningkatkan Skill Listening

Potensi Hebatmu2 7 Langkah Ini Dapat Membantumu Meningkatkan Nilai TOEFL

Untuk meningkatkan skill listening kamu, bangun kebiasaan mendengarkan ataupun menonton video berbahasa inggris. Kamu bisa memulai dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris yang kamu suka sambil menyimak liriknya atau kamu juga bisa menonton film dan video dengan menggunakan subtitle.

Baca juga:  4 Tips Untuk Lebih Percaya Diri

Ketika sudah terbiasa, keluarlah dari zona nyaman dengan mendengarkan lagu tanpa lirik dan menonton tanpa subtitle.

8. Upgrade Vocab

Sebagian besar diantara kamu pasti merasa bagian ini paling membosankan, karena sudah capek-capek menghafal lalu malah lupa. Ada dua cara yang bisa kamu pilih, menghafal vocab dan kemudian memilah mana vocab yang harus dihafal per hari dan mana yang harus dihafal per minggu.

Atau cara lain dengan menerjemahkan vocab yang tidak kamu mengerti dari soal-soal. Jadi, semakin sering kamu bertemu dengan vocab itu, maka lama kelamaan kamu akan merasa familiar.

Nah, itu dia pembahasan mengenai 7 langkah ini dapat membantumu meningkatkan nilai TOEFL. Tetap fokus pada tujuanmu, berjuang dan semangat ya.