Health  

10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

avocado alpukat 10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

7. Membantu meredakan gejala artritis

Ada banyak jenis artritis, dan umumnya merupakan masalah kronis yang harus diderita seumur hidup. Banyak penelitian sudah menunjukkan bahwa ekstrak alpukat bisa mengurangi gejala arthritis pada tulang (osteoarthritis).

Alpukat juga mengandung banyak anti-inflamasi seperti phytochemicals, flavonoid, karotenoid, phytosterols, fatty alcohols, dan asam lemak omega-3, yang bisa mengurangi peradangan dalam urat, sendi, dan otot.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alpukat bisa:

  • Mengurangi kadar kolesterol secara signifikan
  • Mengurangi triglycerides darah sampai 20%
  • Menurunkan LDL kolesterol sampai 22%
  • Meningkatkan HDL (kolesterol baik) sampai 11%

9. Merawat liver

Alpukat memiliki senyawa organik yang membantu meningkatkan kesehatan liver. Suatu penelitian menunjukkan bahwa alpukat bisa berperan penting dalam menguatkan dan melindungi liver dari berbagai kerusakan.

Baca juga:  6 Jenis Makanan Berikut ini Bisa Bantu Membakar Kalori Tubuh

10. Menjaga kesehatan pencernaan

Alpukat kaya akan serat larut dan serat tidak larut yang membantu menjaga sistem pencernaan berjalan baik. Kedua jenis serat itu juga menstimulasi pencernaan agar nutrisi bisa diserap secara efisien dan cepat, serta bisa mengurangi gejala konstipasi dan diare.

Buah alpukat juga baik untuk mengatasi mual, muntah, dan meredakan sakit kepala selama masa kehamilan.

Intinya, alpukat adalah buah super yang kaya nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. akan tetapi nutrisi di dalam buah alpukat bisa rusak jika tidak dikonsumsi dengan baik. Nutrisi didalam buah alpukat bisa rusak apabila disimpan terlalu lama. Jadi sebaiknya cepat memakan buah alpukat segera setelah buah dibelah.