Tradisi Ziarah Kubur Di Cikuda Gunung Putri Disaat Lebaran

94ec2cd5 c90c 4995 9542 6181154dd8d5 Tradisi Ziarah Kubur Di Cikuda Gunung Putri Disaat Lebaran

detakhukum.com,Bogor-Selain mudik dan halal bihalal,tradisi ziarah kubur merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan saat lebaran,sejumlah warga mendatangi TPU (Tempat Pemakaman Umum) untuk ziarah kubur  di Kp Cikuda Gunung putri Kabupaten Bogor,di hari kedua lebaran 1442 H  pada (14/5 2021).

Salah satu Penjaga makam bernama Sanan,mengatakan banyak keunikan tersendiri khusus nya di tempat pemakaman kp cikuda  Rt 31/15 Dusun 06 Desa Bojong Nangka Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.

Menurut Sanan,peziarah dan pedagang kaki lima disini bermacam-macam juga aneka ragam  kuliner yang dijual di tempat  TPU ini,apalagi umumnya peziarah yang datang rata-rata membawa kendaraan roda empat maupun Roda dua,tapi tak ada kendala karena kami sebelumnya dan para masyarakat setempat jauh jauh hari sudah mempersiapkan tempat untuk parkir kendaraan maupun tempat untuk yang berjualan.

Sekalipun di hari kedua lebaran ini hari jum’at,tapi yang datang berkunjung bukan saja para peziarah kubur,tetapi ada juga yang sengaja mencari jajanan di tempat TPU ini,tutur Sanan.

TPU di Kp Cikuda memang ada kesan tersendiri,dibanding TPU-TPU  lainnya,dan para peziarah kubur juga tetap mematuhi prokol kesehatan,kata Sanan.

Sanan yang penjaga makam dan merawat TPU tersebut merasa bersyukur,karena setiap tahun nya selalu membawa berkah dan rejeki padanya di TPU Cikuda ini bersama masayarkat setempat.

Begitu pula bagi para peziarah yang berkunjung cukup pada ramah dan  patuh pada peraturan di musim pandemi Covid 19 rata-rata memakai masker.(Gunawan polay)