Laptop  

Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Prosesor Laptop Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Mempunyai laptop seakan jadi kebutuhan untuk menunjang kegiatan sehari-hari hingga pekerjaan di kantor. Variannya yang terus bertambah pun memudahkan siapa saja untuk membeli sesuai bujet. Walau demikian, kamu tetap harus cermat saat memilihnya supaya tak rugi begitu dipakai.

Lantas, apa saja yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih laptop? Selain merek, cermati pula spesifikasi yang vendor benamkan. Prosesor adalah satu dari sekian banyak komponen yang sebaiknya mulai diperhatikan. Pasalnya, komponen tersebut bekerja layaknya ‘otak’ dalam laptop.

Prosesor berkualitas pastinya bakal melancarkan berbagai kegiatan, dari browsing di dunia maya hingga merancang video profesional. Nah, untuk memudahkan kamu memilih prosesor terbaik untuk laptop, berikut ini cara menentukannya berdasarkan kebutuhan kamu ya sob!

1. Intel Celeron atau AMD Athlon

Prosesor Laptop1 Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Kelas prosesor ini bisa dibilang yang paling bawah yang akan sering kamu temui. Laptop dengan prosesor ini biasanya digunakan untuk para pemula, pelajar yang masih akan belajar komputer sederhana seperti mengetik pada microsoft word, bikin power point, intinya Microsoft Office banget lah.

Buat browsing, musik, dan nonton film cukup lah. Biasanya laptop dengan prosesor ini dibanderol kurang dari 5 juta rupiah loh sob.

2. Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3

Prosesor Laptop2 Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Nah kalau prosesor ini adalah yang paling aman dan bisa jadi umurnya bakal lebih lama (pemakaian) karena bisa dipake dari kamu masih sekolah, kuliah, hingga kerja kantoran loh.

Laptop dengan prosesor ini lebih baik daripada prosesor yang tadi, sudah kuat buat main game-game ringan, desain-desain ringan, atau yang sering buat file excel yang lumayan besar. Tentunya lebih lancar dong! Laptop dengan prosesor ini biasanya dibanderol mulai dari harga 5 juta rupiah.

Baca juga:  Tips Pintar Sebelum Membeli Laptop di Tengah Pandemi Virus Corona

3. Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5

Prosesor Laptop3 Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Laptop dengan prosesor ini termasuk laptop tipe menengah dan biasanya digunakan untuk para editor video, gamer, desainer, programmer pokoknya yang semi profesional.

Prosesor ini sudah bisa diajak kerja berat alias menggunakan aplikasi-aplikasi berat seperti editing video (adobe premiere pro), arsitektur (autocad), hingga game dengan spek lumayan berat. Laptop berprosesor ini biasanya mulai dengan harga 8 jutaan.

4. Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7

Prosesor Laptop4 Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Dilihat dari angkanya saja sudah garang! yak saat ini memang laptop dengna prosesor ini sudah menjadi tujuan para pengguna laptop khususnya para Profesional entah itu di bidang editing video, desainer, bahkan para gamer profesional.

Karena kecepatan dan kepintaran dari prosesor ini sudah bisa dibilang memang sudah yang paling tinggi. Mulai dari 12 jutaan kamu sudah bisa dapet laptop ini.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan AMD VS INTEL

5. Intel Core i9 atau AMD Ryzen 9

Prosesor Laptop5 Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Apa ya, bisa dibilang prosesor ini merupakan barang paling ghoib. Kenapa? mimin belum pernah nyoba langsung, pastinya bakal lebih kencang dari tipe 7 pastinya bakalan dipakai para profesional dan para sultan hehehe, kamu bisa kira-kira harganya berapa sob. Bisa kamu dapatkan mulai dari 25 jutaan.

6. Intel Xeon

Prosesor Laptop6 Tips Memilih Prosesor Laptop dari Kebutuhan

Prosesor ini biasanya digunakan untuk Server atau workstation karena ketahanannya. Secara overall, ada tiga kelebihan Intel Xeon processor dibanding Intel Core series.

Pertama, jumlah maksimal Core yang lebih banyak yang secara otomatis dapat mengantisipasi beban kerja yang lebih berat. Kedua, kelebihan Intel Xeon dibanding Intel Core adalah sisi durabilitasnya. Dan yang terakhir adalah dukungan memory ECC.

Namun prosesor ini jarang banget dipake buat laptop, tapi mungkin besok bakal dipake para maniak gaming 24/7.