Tembus US$10 Ribu Pagi Ini, Bitcoin Siap Untuk Bullrun

bitcoin 1 1 Tembus US$10 Ribu Pagi Ini, Bitcoin Siap Untuk Bullrun

detakhukum.com, CryptoNews – Pergerakan harga Bitcoin pada awal bulan ini dianggap cukup menjanjikan karena mencatatkan start yang baik. Buktinya harga Bitcoin sudah meningkat diangka 137jt setelah menyentuh diangka 138jt (indodax.com).

Mengutip indodax.com, hingga pukul 8.29 WIB, US$10061,02 per koin atau setara Rp 138 juta (asumsi US$1 = Rp 13.716,30). Kenaikan ini diperkirakan karena asumsi proses mendekati halving bitcoin di bulan mei.

Apa Itu Halving?

Halving adalah pengurangan pasokan (supply) Bitcoin ke dalam pasar sebanyak separuh (50 persen). Ini merupakan kaidah baku di blockchain agar Bitcoin semakin langka. Halving terjadi setiap 210.000 block (atau setara dengan 4 tahun).

Seperti yang Anda ketahui, hal itu dilakukan melalui pemberian imbalan kepada para penambang Bitcoin. Jadi, dengan kata lain, imbalan kepada penambang berkurang separuh dengan rumusan serupa. Sebab, para penambang adalah yang menentukan pasokan Bitcoin ke dalam pasar, jika mereka melakukan penjualan Bitcoin yang diperolehnya.

Baca juga:  Kaum Millennial Sangat Menyukai Bitcoin, Kenapa Bisa Begitu ?

Proses halving ini dilakukan empat tahun sekali dan sudah dituliskan dalam kode yang mendasari Bitcoin. Tujuan untuk menjaga inflasi. Proses ini akan mengurangi pasokan Bitcoin yang masuk ke pasar sehingga harga bisa terdongkrak.

Harga Bitcoin telah melampaui $ 10.000 pada 9 Februari, menembus level psikologis utamanya dan dalam mencapai titik tertinggi sejak Oktober tahun lalu.