Penelitian Sebut Pandemi Corona di Indonesia akan Berakhir Pada Tanggal Ini

ilustrasi corona Penelitian Sebut Pandemi Corona di Indonesia akan Berakhir Pada Tanggal Ini
Ilustrasi Virus Corona. [Shutterstock]

detakhukum.com, – Kabar cukup menggembirakan datang dari Singapore terkait berapa lama pandemi Corona( Covid- 19) akan menyerang Indonesia. Para ilmuwan dari Singapura University of Technology and Design( SUTD) membagikan prediksi kapan virus corona di Indonesia berakhir. Prediksi diunggah dalam halaman resmi SUTD dengan judul When Will COVID- 19 End

Prediksi kapan virus corona di Indonesia berakhir dilakukan SUTD Data- Driven Innovation Lab menggunakan model susceptible- infected- recovered( SIR). Model ini mengumpulkan informasi dari seluruh dunia untuk memperkirakan kurva siklus hidup serta berakhirnya pandemi di suatu negara dan dunia.

” Prediksi ini secara alami masih diragukan kebenarannya. Pembaca wajib menguasai masing- masing prediksi dengan hati- hati. Terlalu optimis berdasarkan prediksi kapan virus corona berakhir sangat berbahaya, karna berpengaruh buruk pada kontrol dan disiplin. Sikap tersebut harus dihindari sebelum kasus infeksi dan virus justru meningkat,” tulis halaman tersebut.

Dengan informasi yang cepat berganti, prediksi rencananya di update tiap hari dengan data terkini. Teori, informasi, serta keadaan apapun terpaut prediksi telah dipaparkan dalam halaman tersebut. Tidak hanya kapan virus corona di Indonesia berakhir, prediksi seragam pula dicoba terhadap 28 negara lain di dunia.

SUTD juga mengatakan, konten kapan virus corona di Indonesia berakhir dan negara lain hanya untuk pendidikan dan riset sehingga bisa jadi terdapat kesalahan. Model serta informasi yang digunakan belum pasti akurat serta sangat komplek. Informasi tersebut juga terus berganti serta realitasnya dapat sangat berbeda di tiap negara.

Sampai Sabtu( 25/ 4/ 2020), kapan virus corona di Indonesia berakhir diperkirakan terjadi pada 6 Juni 2020. Saat itu, Indonesia diperkirakan dapat menanggulangi 97 persen dari total kasus pandemi COVID- 19. Sedangkan pada 23 Juni 2020, Indonesia dapat menanggulangi lebih banyak kasus COVID- 19 yaitu kurang lebih sekitar 99 persen kasus infeksi virus corona.

Pada 6 September 2020, prediksi kapan virus corona berakhir di Indonesia melaporkan permasalahan teratasi 100 persen. Maksudnya, Indonesia betul- betul dapat keluar dari status terjangkit pandemi virus corona. Sedangkan Presiden Joko Widodo memperkirakan virus corona akan berakhir pada bulan Juli 2020.

” Setiap hari masuk ke saya hitungan- hitungan kapan puncaknya serta kapan akan turun, dengan hitungan- hitungan dengan model matematis yang berbeda,” kata Jokowi.

Bagi Jokowi, kasus Corona di Indonesia bakal menggapai puncaknya pada bulan Mei. Statment itu di informasikan Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang ditayangkan Trans7, Rabu( 22/ 4/ 2020) malam. Jokowi awalnya berbicara mengenai data yang diterimanya setiap hari.

Tidak hanya memperkirakan kapan virus corona berakhir di Indonesia, ilmuwan Singapura juga melakukan prediksi serupa untuk dunia. Virus corona diperkirakan mulai berakhir pada 29 Mei 2020 dengan 97 persen kasus sukses diatasi. Prediksi juga mengatakan virus corona di dunia betul- betul berakhir pada 8 Desember 2020 dengan 100 persen kasus teratasi.

Pastinya, prediksi kapan virus corona di Indonesia berakhir dan seluruh dunia dapat jadi kenyataan bila masyarakat disiplin. Kedisiplinan ini meliputi rajin mencuci tangan, melindungi kebersihan, serta senantiasa gunakan masker.

Tidak hanya itu, perkiraan kapan virus corona berakhir di Indonesia wajib didukung dengan tidak mudik, beribadah di rumah, serta cuma keluar rumah bila terdapat keperluan mendesak. Social distancing serta physical distancing wajib betul- betul diterapkan untuk menghindari penularan virus corona. (dtk)