Gempa Magnitudo 6,3 SR Guncang Madura Dini Hari Tadi, Ini Jenis dan Penyebabnya

gempa 1 Gempa Magnitudo 6,3 SR Guncang Madura Dini Hari Tadi, Ini Jenis dan Penyebabnya

detakhukum.com, Jakarta – Gempa magnitudo 6,3 mengguncang Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020) dini hari tadi, pukul 01:12:34 WIB.

Hasil analisis BMKG menyebutkan, gempa dengan hiposenter dalam atau deep focus earthquake terjadi di Laut Jawa dengan episenter terletak pada koordinat 6,43 Lintang Selatan (LS) dan 113,04 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya 76 km arah timur laut Bangkalan, Madura dengan kedalaman 641 kilometer. 

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan yang diterima, getaran gempa dirasakan ke wilayah Bangkalan, Trenggalek, Pacitan, Yogyakarta, Kebumen, Cilacap, Pangandaran, Kuta, dan Kuta Selatan dalam skala intensitas II-III MMI.

“Beberapa warga yang sedang tidak tidur tentu merasa terkejut karena merasakan guncangan yang terjadi secara tiba-tiba,” ucapnya. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Dan dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca juga:  Jakarta, Pangkoopsau II Buka Secara Resmi Pelaksanaan Rakernis Koopsau II TA. 2020