Elemen Masyarakat Peringati Hari Antikorupsi Se-Dunia Di Gedung DPRD Kota Bogor

WhatsApp Image 2022 12 11 at 00.16.07 Elemen Masyarakat Peringati Hari Antikorupsi Se-Dunia Di Gedung DPRD Kota Bogor
Ari Indra David (Baju Merah) Saat Memberi Keterangan Di Hadapan Media

detakhukum.com, Bogor – Hari Antikorupsi se-Dunia Tahun 2022, yang diperingati para perwakilan dari berbagai unsur elemen masyarakat hadir di Gedung DPRD Kota Bogor.

Kegiatan ini dikemas dalam Obrolan Santai (Ob-ras) dari kantor hukum BF & Rekan yang selama ini telah melakukan kegiatan Obras yang edisi ke-4 dengan tema “Korupsi Bahaya Laten dan Hantu Pembangunan”, Jumat,( 9/12/2022 )

Acara yang dipandu oleh Moderator Arifin, sebagai President of Obras, membuka acara jam 13.30 WIB dengan diawali doa bersama dan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Usai acara, salah satu narasumber dari KAI (Kongres Advokat Indonesia) Bogor Raya, Ari Indra David,SH.MH menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pihak pelaksana Obras dan Kantor Hukum BF & Rekan (BF Law Office & Partners).

Baca juga:  SMP Negeri 1 Kota Bogor Terapkan Pengenalan Sekolah Secara Daring

Dimana telah “difasilitasi oleh President of Obras dan BF & Rekan, mudah-mudahan acaranya ini tidak hanya cukup di edisi ke-4 tetapi juga ada edisi ke-5, edisi ke-6 dan edisi seterusnya”, harapnya.

“Seperti yang disampaikan, tadi saya lihat audiennya sangat ramai terutama dari perwakilan guru, mahasiswa, dan pelajar juga beberapa aktivis dan penegak hukum dari kepolisian, pemerintahan memberikan apresiasi kepada acara Obras”.

“Menurutnya kegiatan semacam ini memang harus kontinyu dilakukan agar supaya memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa korupsi itu harus terus diawasi”, katanya.

Yang membuat bisa korupsi adalah karena proses birokrasinya yang panjang dan sangat sulit. Ada istilah  sangat menggelitik dalam proses pelayanan birokrasi yakni kalau bisa diperlambat, kenapa dipercepat, ungkap Indra.

Baca juga:  Tentang Surat Edaran Jam Kerja ASN Jabodetabek Dibagi Dua Gelombang
WhatsApp Image 2022 12 11 at 00.16.08 1 Elemen Masyarakat Peringati Hari Antikorupsi Se-Dunia Di Gedung DPRD Kota Bogor

Hal semacam inilah yang membuat orang untuk melakukan transaksional koruptif dengan cara apapun juga karena sistemnya seperti itu, maka dengan satu-satunya jalan, pengawasannya harus tetap dilakukan dengan ketat, terutama setiap pengambil kebijakan mungkin di DPRD juga pasti ada anggaran-anggarannya harus terbuka kepada masyarakat, jelasnya.

“Ketika mereka akan melakukan penganggaran di bidang pembangunan, pendidikan, kesehatan dan sebagainya kepada masyarakat maka harus diundang semua unsur baik stakeholder maupun aktivis dan masyarakat sehingga sama-sama mengawasi”, tegasnya.

Sempat Ketua DPC KAI Bogor Raya menyampaikan pesan pesan dari Presiden KAI, Siti Jamaliah Lubis.

Beliau mengatakan dengan salam kepada Presiden Obras dan Managing Partners BF dan Rekan, mudah-mudahan acara ini bisa menjadi masukan dan pelajaran yang berharga bagi masyarakat.

Baca juga:  Penghargaan Wajib Pajak, Dedie Tekankan Pajak Untuk Pembangunan Lebih Baik

Sementara itu, Presiden Obras Arifin mengatakan,terkait acara Obras edisi ke 4 ini khusus dalam rangka memperingati hari antikorupsi sedunia, alhamdulillah dengan acara yang kami selenggarakan bisa dibilang berhasil, karena narasumber yang kami undang hampir seluruhnya hadir, terkecuali narasumber dari KPK tidak bisa hadir namun hanya memberikan salam disebabkan karena kebetulan ada agenda waktunya bersamaan mereka di Surabaya begitu pula dengan kejaksaan.

Namun dalam Peserta yang hadir, diantaranya,Kepala Sekolah, Ketua Osis, BEM, guru-guru se-Kota Bogor dan Ormas ikut memperingati anti korupsi sedunia. (Bur)