Tekno  

Asal Muasal Istilah BUG Dalam Dunia Komputer

BUG Dalam Dunia Komputer Asal Muasal Istilah BUG Dalam Dunia Komputer

Hal yang paling sering terjadi dalam proses develop software adalah sering adanya kesalahan. Sebenarnya kesalahan ini sudah diantisipasi sejak awal dengan adanya Software Tester. Sebelum software launching, biasanya dilakukan tester menyeluruh tentang fungsi, fitur dan kompabilitas terhadap hardware.

Tetapi masih ada saja beberapa kesalahan-kesalahan yang lolos sehingga berdampak pada user, hal ini wajar-wajar saja karena semua ini buatan manusia. Kesalahan dan error pada software serta dalam dunia komputer biasa disebut dengan “BUG”.

Bug paling sering ditemukan pada software yang baru dirilis, tapi tidak jarang juga ditemui pada software yang memang sudah lama dirilis. Tentu untuk beberapa kasus bug ini sangat berbahaya apalagi yang berkaitan dengan software aplikasi keuangan, data dan keamanan.

Baca juga:  5 Aplikasi Ini Cocok Untuk Silaturahmi Online Saat Idul Fitri

Tapi sebelum lebih jauh dari itu, ada baiknya kita juga mengenal apa arti BUG itu sendiri dan asal muasal istilah BUG itu muncul. Berikut ini:

Pengertian BUG

Bug adalah Kesalahan yang terjadi pada perangkat komputer atau mobile yang disebabkan oleh perangkat lunak atau perangkat keras yang tidak berjalan sesuai dengan semestinya sehingga menyebabkan error.

Asal Muasal Istilah BUG

Bug ternyata sudah ditemukan sejak zaman dulu sebelum komputer modern saat ini. Menurut sejarah, istilah bug (dibaca: bag) mulai dipakai pada tahun 1940 an pada saat komputer awal mulai dijalankan.

BUG Asal Muasal Istilah BUG Dalam Dunia Komputer

Pada saat itu, komputer Harvard Mark II yang diuji oleh mahasiswa Harvard tidak bekerja secara normal, saat itu semua tim mencari apa penyebabnya yang membuat komputer tidak bisa berjalan dengan normal.

Baca juga:  9 Kelebihan dan Keunggulan Macbook Pro Dibanding Dengan Laptop Lainnya

Setelah beberapa saat, akhirnya salah satu tim melihat panel F sekitaran relay dan menemukan seekor ngengat (dalam bahasa inggris bernama BUG). Ngengat adalah hewan sejenis kupu-kupu yang masuk dalam Ordo Lepidoptera.

BUG2 Asal Muasal Istilah BUG Dalam Dunia Komputer

Bangkai ngengat tersebut diambil dan dicatat dalam buku “log book”. Grace Hopper sebagai ketua tim dari mahasiswa Harvard memberikan judul catatan di log book “Kasus Pertama Dari Serangga (BUG) Ditemukan”. Dari sinilah asal usul nama BUG yang menjadi istilah kesalahan pada komputer digunakan hingga saat ini.