Game  

5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming

game programming 5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming
Designed by Freepik

Main game tapi bisa pintar pemrograman? Emang bisa? Apa yang ada di benakmu ketika mendengar soal programming? Apakah hal ini membosankan, serius, dan membuatmu pusing? Lewat game untuk belajar pemrograman, mitos-mitos itu bisa terpatahkan.

Meski mengandung istilah dan bahasa yang rumit, programming bukanlah hal yang sulit apabila kamu belajar sambil bermain. Berbagai pilihan bahasa pemrograman juga bisa dipelajari dengan menyenangkan.

Lalu game apa saja yang bisa kita manfaatkan selain untuk bermain tapi juga untuk belajar? Yuk simak beberapa referensi 5 game yang dapat melatih skill programming-mu!

1. CodeCombat

codecombat 5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming

Belajar sambil bermain pastilah menyenangkan. Bermain sambil belajar tentu akan mendapatkan manfaat berupa tambahan pengetahuan dan juga wawasan. Nah CodeCombat menawarkan semua itu.

Baca juga:  Realme Adakan Kompetisi PUBG, Bisa Mabar Sama Tim Onic? Daftarkan Dirimu Sekarang!

Bagi kamu yang masih meratapi jenjang sebagai programmer pemula. CodeCombat merupakan game yang pas untuk dimainkan sambil belajar kode. Sebagai suatu platform, CodeCombat menyajikan permainan untuk para siswa yang ingin belajar ilmu komputer melalui permainan nyata.

Di sini kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman Java, JavaScript, Python, Lua dan juga CoffeeScript. Game ini berbasis proyek komunitas, artinya terdapat ratusan pemain relawan untuk menciptakan level dari game tersebut.

2. CodeMonkey

codemonkey 5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming

Dalam game CodeMonkey, kamu akan diminta untuk menggerakkan seekor monyet untuk mengambil pisang. Bahasa yang digunakan untuk memerintahnya adalah bahasa CoffeeScript.

Game ini sangat cocok untuk belajar pemrograman khususnya anak-anak yang ingin memulai menjadi seorang programmer. Namun, tentu saja kamu juga bisa belajar melalui game tersebut.

Baca juga:  6 Situs Gratis Untuk Belajar TOEFL

3. CodinGame

codinggame 5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming

Coding Game merupakan sebuah platform game yang menjadikan permainan menjadi pengetahuan dalam belajar menjadi programmer. Di sini, kamu bisa memperdalam pengetahuan tentang coding. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengatasi permasalahan berkaitan dengan coding dengan menghadapi tantangan di setiap level permainannya.

Kamu tak hanya akan menemukan keseruan bermain tetapi juga menemukan konsep baru dengan menghadapi tantangan yang dikemas dalam lebih dari 25 bahasa pemrograman.

4. Google Doodle

game google doodle 5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming

Kamu tentu sudah pernah mendengar soal Google Doodle. Sesekali, situs search engine Google akan mengubah tampilan logonya sesuai dengan kejadian besar pada hari tertentu. Pada 4 Desember 2015, Google Doodle mengeluarkan versi khusus yang bisa digunakan untuk belajar programming.

Baca juga:  Tips Mempersiapkan Karir Masa Depan Selama Menjadi Pelajar

Kamu bisa mengaksesnya melalui situs resmi Google Doodle lewat browsermu. Kamu akan diminta memberi instruksi pada seekor kelinci, kemana ia harus melompat untuk makan wortel yang ada di sekitarnya.

5. VIM Adventures

vim adventures 5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming

Pilihan game selanjutnya adalah VIM Adventures. VIM adalah sebuah tool untuk text editor yang bisa digunakan untuk menulis program. Lewat game gratis ini, kamu akan diminta menggerakkan tokohnya ke kanan dan kiri melalui lorong dan belokan.

Bukan sembarangan gerak, ia hanya bisa digerakkan menggunakan shortcut dari aplikasi VIM dan kamu bisa memainkan VIM Adventures lewat aplikasi browsermu.