Pengiriman Kargo Asal China Tetap Berjalan ke Indonesia

a734dbc1 6a28 4154 869f d15bf44337d1 jpg 720x457 1 Pengiriman Kargo Asal China Tetap Berjalan ke Indonesia

detakhukum.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pengiriman barang atau kargo lewat pelabuhan maupun bandara dari dan menuju China masih tetap berjalan.

Sebab pemerintah hanya melakukan penghentian pengiriman barang dari dan menuju China khusus hewan hidup saja guna mencegah penyebaran virus korona di tanah air.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan mengatakan, pemerintah masih membolehkan barang-barang asal dan menuju China untuk dikirimkan.

Alasan tidak dihentikannya pengiriman barang dari China adalah belum ada temuan-temuan penularan virus korona melalu barang atau kargo.

Selain itu, belum ada juga imbauan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) terkait hal tersebut. Ditambah lagi Presiden Joko Widodo juga mengeluarkan himbauan barang hewan hidup saja yang pengirimannya distop sementara.

“Sementara terkait penghentian pengiriman hewan hidup dari Tiongkok, dilakukan karena diketahui penularan virus Korona selain ditularkan dari manusia ke manusia juga dapat ditularkan dari hewan hidup,” ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Rabu (5/2/2020).

Hengki menambahkan, detail pengaturan penghentian pengiriman hewan hidup dari China ke Bandara ataupun pelabuhan di Indonesia akan dibuat oleh Dirjen Perhubungan Udara dan Dirjen Perhubungan Laut.