11 Aspek Penting Pemeriksaan Kendaraan Sebelum Bepergian Jauh

Pemeriksaan Kendaraan 11 Aspek Penting Pemeriksaan Kendaraan Sebelum Bepergian Jauh

Apakah kamu memiliki mobil? Dalam hal ini, menjalankan pemeriksaan kendaraan setelah interval rutin sangat penting. Faktanya, kendaraan kamu harus diperiksa secara menyeluruh oleh para ahli, untuk memastikan bahwa kondisinya baik dan kamu tidak mengendarai sesuatu yang dapat menyebabkan kecelakaan serius.

Ada beberapa parameter berbeda yang digunakan untuk menguji kendaraan guna memastikan kesesuaiannya dengan jalan dan tidak menyebabkan kecelakaan, karena bagian yang tidak berfungsi atau rusak.

Berikut Adalah 11 Aspek Penting Untuk Pemeriksaan Kendaraan:

Ada beberapa aspek penting yang berkaitan dengan pemeriksaan kendaraan, yang perlu kamu perhatikan. Memiliki daftar periksa yang tepat dari aspek-aspek ini akan memberimu gambaran yang rinci dan komprehensif tentang apa yang perlu kamu cari dan metode pemeriksaan apa yang perlu digunakan. Berikut ini wawasan singkat untuk kamu.

Baca juga:  HBCI Makassar Chapter Peduli Jumat Berkah

1. Ban

Ban yang rusak seringkali menjadi penyebab kecelakaan dan berbagai jenis kecelakaan di jalan raya. Karena itu, ban perlu diperiksa dengan baik. Memeriksa tekanan, keausan ban, dan tapak adalah tiga aspek utama pemeriksaan ban.

2. Accu/Aki (baterai)

Mobil kamu hampir tidak berfungsi dengan Accu (baterai) yang rusak. Kamu perlu memastikan bahwa tegangan baterai sedang diperiksa dan juga memastikan untuk melakukan uji beban pelepasan / pengisian.

3. Rem

Tidak perlu menyebutkan betapa pentingnya rem! Selama pemeriksaan, kamu perlu memeriksakan minyak rem. Selain itu, besaran keausan pada rem tromol juga perlu dievaluasi. Baling-baling dan bantalan rem adalah dua aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan juga.

Baca juga:  Tips Mengecek Konsumsi BBM Pada Mobil

4. Suspensi Dan Kemudi

Dalam hal kemudi, ada beberapa area yang perlu diperiksa. Untuk memulainya, Kamu perlu memeriksa sabuk power steering. Tingkat cairan dari power steering juga harus diperiksa. Selain itu, sangat penting untuk memeriksa pompa power steering dan kebocoran cairan.

5. Eksterior

Pemeriksaan eksterior mobil secara lengkap dan menyeluruh perlu dilakukan.

6. Wiper Kaca Depan

Bilah penghapus dan kaca depan harus diperiksa secara menyeluruh, agar memastikan saat kondisi hujan berfungsi secara baik.

7. Lampu keselamatan

Pastikan lampu depan, lampu hazard, dan lampu rem diperiksa dengan benar. Agar dapat menghindari adanya kecelakaan yang dapat diakibatkan akibat lampu keselamatan mati.

8. Mesin

Sejauh menyangkut mesin, ada beberapa area yang perlu diperhatikan. Kamu perlu memastikan bahwa mesin bebas dari segala jenis kebocoran atau kerusakan fisik atau mekanis lainnya.

9. Sabuk Pengaman

Pengoperasian sabuk pengaman juga harus diperiksa secara menyeluruh.

Baca juga:  Lagi Viral, Beredar Foto Mobil Jadikan Jalanan Kompleks Jadi Garasi

10. Level Cairan

Dalam hal pemeriksaan level cairan, ini termasuk memeriksa level oli, level cairan pencuci, dan level cairan pendingin.

11. Knalpot (Sistem pembuangan)

Sangat penting untuk memeriksa manifold buang, pipa knalpot, knalpot dan konverter untuk segala jenis retakan, kebocoran atau kerusakan fisik lainnya.

Ini adalah beberapa aspek penting yang perlu ditambahkan ke daftar periksa pemeriksaan kendaraan. Perlu disebutkan, selain itu, ada juga bagian lain yang memerlukan pemeriksaan, padahal ini yang paling penting.

Untuk memastikan mobil kamu dalam kondisi terbaiknya dan tidak akan menimbulkan masalah besar saat kamu berada di jalan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh. Pemeriksaan kendaraan secara teratur tidak hanya memastikan umur panjang mobil kamu, tetapi juga membuat kamu tetap aman saat mengemudi.