Viral Kasus Anak Buah Kapal (ABK) Pencari Ikan di Kapal China

iStock 1 Viral Kasus Anak Buah Kapal (ABK) Pencari Ikan di Kapal China
Foto: iStock

detakhukum.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan kasus WNI yang bekerja dan dieksploitasi sebagai Anak Buah Kapal (ABK) pencari ikan di kapal China. Dalam kasus tersebut WNI yang gugur saat bekerja, jenazahnya langsung dibuang ke lautan lepas.

Selain itu masih banyak kekejian yang diterima mereka selama bekerja. Kasus tersebut masuk ke Indonesia setelah diungkap oleh youtuber bernama Jang Hansol melalui channel youtubenya, Korea Reomit dan menjadi trending no 1 di kanal youtube (7/5/2020).

Dalam video tersebut ia mengulas pemberitaan dari stasiun TV MBC tentang kisah WNI yang bekerja sebagai ABK untuk mencari ikan di kapal China. Pekerjaan tersebut dilakukan oleh para ABK selama 18 jam dengan gaji Rp. 135.350 per bulan.

Parahnya lagi jika ABK tersebut jatuh sakit karena kelelahan hingga meninggal, maka jenazahnya langsung dibuang ke laut saat itu juga. Tak hanya itu, kisah menyedihkan juga diceritakan oleh beberapa ABK asal Indonesia lainnya.

Ia mengaku bahwa untuk untuk minum mereka diizinkan minum air laut, sementara ABK asal China minum air botolan dari tanah. Padahal setiap kali minum air laut, ia merasa seperti ada dahak yang keluar dari tenggorokan. Kasus ini telah dilaporkan ke pihak terkait.