Sains  

Unik, Ternyata Bayi Kembar Memiliki Bahasa Asing

bayi kembar Unik, Ternyata Bayi Kembar Memiliki Bahasa Asing
Designed by Freepik

Salah satu contoh keunikan bahasa asing yang masih menjadi misteri adalah bahasa dari bayi kembar, sebuah kata atau sandi bunyi yang hanya diucapkan dan dimengerti oleh dua bayi kembar baik identik maupun non identik (fraternal).

Tahukah kamu, sekitar 40% bayi kembar mempunyai bahasa rahasia yang dimengerti oleh mereka, bernama Cryptophasia. Sebuah fenomena bahasa yang kemudian dikenal dengan cryptophasia, sebuah padanan kata, crypto berarti rahasia dan phasia gangguan bicara.

Bahkan beberapa ahli bahasa (linguist) mengasosiasikan cryptophasia dengan idioglossia (pengertian yg hampir sama), hanya saja cryptophasia di dalamnya terdapat unsur persamaan sikap dan perangai diantara si kembar.

Bahasa ini dapat menimbulkan “aksi meniru” diantara keduanya dan diyakini membantu bayi belajar berbicara.

Baca juga:  Ritual-Ritual Unik Yang Dilakukan Pesepakbola, Hingga Buang Air Kecil

Berbagai kesulitan dan tantangan dalam meneliti, menyebabkan cryptophasia masih menjadi misteri. Fenomena bahasa ini terjadi dan dialami oleh 40% bayi kembar dan akan menghilang begitu saja seiring dengan perkembangan mereka.

Salah satu contoh dari fenomena bahasa ini adalah yg terjadi pada sepasang saudara kembar Poto dan Cabengo (kembar identik, nama sebenarnya Grace dan Virginia Kennedy).

YouTube video

Kedua saudara kembar tersebut berbicara menggunakan bahasa asing yang tidak dikenali dan dipahami oleh orang lain itu berlangsung hingga mereka berusia delapan tahun.

Mereka memiliki tingkat kecerdasan yg normal, namun beberapa simpulan menyebutkan mereka kurang mendapatkan pengalaman bahasa dan komunikasi, sehingga mereka menciptakan bahasa yang hanya dimengerti oleh mereka saja.

Baca juga:  Mengenal Kisah Tentang 3 Kerajaan Korea