Sains  

Ternyata Begini Penampakan Kertas Setelah Di Zoom 100 Kali

penampakan kertas Ternyata Begini Penampakan Kertas Setelah Di Zoom 100 Kali

Seorang pria pada akun Twitternya yang bernama [at]afrkml beberapa waktu yang lalu membagikan sebuah foto yang cukup membuat warganet takjub. Betapa tidak, pria ini memperlihatkan penampakan kertas usai diperbesar hingga seratus kali.

“Ternyata sisi kertas yang tipis tuh kayak gini ya penampakannya setelah diperbesar 100x,” tulisnya.

Rupanya kertas yang selama ini terlihat halus dan bersih, pada nyatanya merupakan sebuah benda yang cukup kasar di permukaannya. Hal ini terjadi lantaran kertas merupakan hasil olahan kayu yang telah mengalami proses sedemikian rupa untuk dapat dijadikan media tulis.

Olahan kayu tersebut tidak lantas menjadi halus seperti yang banyak orang kira. Serpihan-serpihan super kecil tersebut digabungkan dan diproses kembali untuk dijadikan kertas.

Baca juga:  Wajib Tahu, Ciri-Ciri Cowok PHP Dan Penyebabnya

Tak ayal, banyak orang yang kerap teriris oleh kertas secara tidak sengaja. Pria ini pun juga mencoba memberikan analisisnya terhadap hal yang kerap dialami banyak orang tersebut.

twit kertas Ternyata Begini Penampakan Kertas Setelah Di Zoom 100 Kali

“Sebenarnya yang bikin tajem bukan bentuk berserat sisi kertas sih guys, tapi karena luas permukaan. Inget ngga rumus tekanan dan luas permukaan? Semakin kecil/tipis luas permukaan, semakin tinggi tekanannya. Semakin gede gaya gesek, semakin gede pula tekanannya,” lanjutnya.

Rasa penasaran publik pun tampaknya terjawab sudah. Pria yang memiliki username Ns. Rizal do ini juga menambahkan bahwasanya peristiwa tersebut akan lebih dimungkinkan terjadi saat kertas masih tergolong baru.

“Jadi make sense (masuk akal) itu kalau gampang berdarah ketika nggak sengaja diiris oleh sisi kertas yang tajem, terutama pada kertas baru yang masih kaku,” tambahnya. (sumber: merdeka)

Baca juga:  8 Cara Agar Kamu Dibenci Teman Toxic