Simsalabim! Rahasia Atur Keuangan dengan Dana Pas-pasan

Atur Keuangan dengan Simsalabim! Rahasia Atur Keuangan dengan Dana Pas-pasan
Foto : Freepik

Percuma punya banyak uang kalau gak dikelola dengan baik. Mentang-mentang punya uang, jadi merasa bisa menghambur-hamburkan uang. Pengeluaran pun gak dikontrol. Kalau begitu, kekayaan kamu gak akan bertahan lama. Cepat atau lambat, uang tersebut akan habis.

Sebaliknya, meskipun punya uang sedikit tapi kalau paham cara mengelola keuangannya, kamu bisa hidup dalam kecukupan atau lebih untuk waktu yang lama. Kamu tahu bagaimana kondisi keuangan. Seberapa besar penghasilan dan beban pengeluaran serta cara menyeimbangkannya. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi masalah yang akan kamu dihadapi dan menemukan solusi.

Ternyata, cara mengatur uang itu juga ada seninya, lho. Begini cara mengatur keuangan yang baik dan benar.

1. Membuat anggaran keuangan setiap bulan

Anggaran keuangan menjadi semacam peta bagi kita untuk mengatur keuangan. Pantau setiap transaksi. Catat pemasukan dan pengeluaran dalam sebulan secara detail. Dengan begitu, kita akan lebih mudah melihat bagaimana gambaran keuangan. Selain itu, lakukan review anggaran setiap bulan. Mana pengeluaran yang sepertinya kurang efektif.

2. Terapkan rumus 50/30/20

Bagi penghasilanmu dalam persentase 50/30/20. Gunakan 50% untuk memenuhi kebutuhan seperti belanja bulanan, transportasi, dan lain sebagainya. Persentase 30% dipakai untuk self reward misalnya traveling atau beli action figure. Sedangkan 20% sisanya, boleh kamu simpan untuk tabungan, investasi, dana darurat, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Emas Bukan Investasi Yang Selalu Menguntungkan! Ngak Percaya? Simak Penjelasannya

3. Ketahui skala prioritas

Kita sering terjebak dalam menentukan barang mana yang benar-benar kita butuhkan. Maka, kita harus membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Mana kebutuhan yang penting dan mana yang bisa ditunda

4. Buat tujuan finansial

Set tujuanmu dengan detail dan spesifik. Apakah kamu mengumpulkan uang untuk beli rumah, pensiun, investasi, atau buka usaha sendiri. Kalau perlu, kamu tentukan juga nominal serta deadline uang tersebut harus terkumpul. Tujuan yang jelas akan memotivasi untuk mengatur uang dengan lebih baik.

5. Cermat kelola pinjaman

Batasi pinjaman di beberapa instrumen tertentu yang terpercaya. Jangan terlalu banyak mengambil pinjaman. Apalagi jumlahnya melebihi pendapatan. Perhatikan juga apakah pinjaman yang kamu ambil itu membantu atau malah menambah beban keuangan.

Baca juga:  6 Cara Atur Keuangan, Agar Tetap Survive Di Tengah Resesi

Dengan 5 cara sederhana di atas, keuangan kamu bisa jadi lebih terencana dan terukur. Dana yang terbatas bukan masalah besar. Kebutuhan kamu akan tercukupi selama punya skill pengelolaan uang yang baik. Kamu bisa mulai dari mengatur anggaran keuangan dengan memakai fitur Neo Jurnal di aplikasi neobank. Selalu ada cara untuk bikin catatan keuangan jadi mudah dan menyenangkan! (neo)