Bisnis  

Sejarah Hokben, Restoran Masakan Jepang Ternyata Asli Indonesia

Hokben Sejarah Hokben, Restoran Masakan Jepang Ternyata Asli Indonesia

Hokben Asli Indonesia! Siapa sangka ternyata restoran terkenal yang mengusung konsep masakan Jepang ini ternyata karya anak bangsa, lho. Hendra Arifin adalah founder yang mendirikan restoran Hokben.

Dulu, beliau adalah seorang pegawai swasta yang bekerja di PT. Astra. Namun seiring berjalannya waktu, Hendra Arifin memutuskan untuk mengundurkan diri dan mencoba membuka bisnis kuliner.

Asal Mula Hokben

Hokben membuka gerai pertama pada tahun 1985 di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat dan berdiri di bawah lisensi PT. Eka Bogainti. Berawal dari konsep yang diambil dari kebiasaan orang kantoran di Jepang, dimana orang Jepang selalu makan siang dalam bentuk nasi kotak/bento.

Hal ini merupakan solusi untuk mempermudah dan mempercepat jam makan siang karyawan. Mempelajari hal tersebut, Hendra Arifin membeli izin penggunaan merek Hoka Hoka Bento yang ada di Jepang. Jadi dikatakan restoran ini kini 100% asli Indonesia.

Baca juga:  Kisah Handuk Basah Diatas Kasur

Bertahan Selama 36 Tahun

Hokben masih tetap berdiri dan menjadi salah satu gerai fast food yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Pastinya tak mudah mengelola bisnis restoran, karena bisnis kuliner sendiri banyak saingannya. Bagaimana Hokben bisa mengatasi berbagai liku-liku dunia kuliner?

1. Melakukan Riset Sebelum Memulai Bisnis

Hendra Arifin, sang founder sangat serius dalam membangun Hokben. Beliau sampai melakukan studi banding ke Jepang secara langsung untuk mempelajari bisnis bento.

2. Selalu menjaga kualitas dan cita rasa produk

226455234 232808252063512 1647489585699832932 n Sejarah Hokben, Restoran Masakan Jepang Ternyata Asli Indonesia

Kualitas dan cita rasa produk adalah hal yang terpenting dalam menjalankan bisnis kuliner. Produk yang berkualitas nan bercita rasa tinggi akan membuat pelanggan puas, hingga mereka kemudian kembali membeli.

Baca juga:  Biaya Sebuah Kesuksesan, Inilah Harga Yang Harus Dibayar!

Hokben pun melakukan hal yang sama, ia sangat memperhatikan kualitas produknya. Bahkan, pihak manajemen cukup disiplin untuk menjaga kualitas makanan.

3. Membuat SOP untuk melayani pelanggan

Hal lainnya yang tak kalah penting dalam menjalankan bisnis kuliner adalah memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Jika kita melayani pelanggan dengan baik dan ramah, mereka pun akan semakin puas.

4. Hokben memiliki maskot unik sebagai strategi branding

226039242 838616377049025 2378034359920216352 n Sejarah Hokben, Restoran Masakan Jepang Ternyata Asli Indonesia

Satu hal yang selalu diingat dari Hokben adalah mereka memiliki maskot unik. Maskot unik yang dimaksud adalah dua orang anak berbaju merah dan biru. Anak yang berbaju biru itu ternyata laki-laki yang bernama Taro, sedangkan anak yang berbaju merah adalah perempuan yang bernama Hanako.

Baca juga:  5 Alasan Bagus Mengapa Kamu Harus Berganti Pekerjaan

Maskot ini sering kita temukan di dalam restoran Hokben. Kemasan makanan pun bergambar maskot. Pemilihan warnanya pun pas, warna biru dan merah yang cerah serta mencolok membuat maskot ini mudah lekat dalam ingatan.

5. Berusaha mengikuti perkembangan zaman

Pihak manajemen Hokben selalu berusaha untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Dari waktu ke waktu manajemen mengembangkan inovasi dalam berbagai hal. Mulai dari layanan pesan antar, sistem drive thru, pembayaran secara cashless, hingga mengembangkan aplikasi khusus pelanggan.

Oleh karenanya, Hokben pun masih bisa bertahan hingga sekarang.