Saudi Akan Buka Kembali Masjid di Makkah pada Minggu

Imam Mohammed muadzin masjid Jaffali di kota Jeddah Arab Saudi AFP 1 Saudi Akan Buka Kembali Masjid di Makkah pada Minggu
Imam Mohammed, muadzin masjid Jaffali di kota Jeddah, Arab Saudi (AFP)

detakhukum.com – Arab Saudi berencana untuk membuka kembali masjid-masjid di Makkah, kota paling suci dalam Islam, Minggu (21/6), setelah ditutup selama tiga bulan ditutup demi menghindari pandemi virus corona (Covid-19).

“Masjid-masjid di kota suci akan mulai membuka kembali pintu mereka kepada umat pada Minggu setelah penutupan tiga bulan karena pandemi covid-19,” lapor saluran Al-Ekhbariya yang dikelola negara oleh Kementerian Urusan Islam dikutip dari AFP.

Sekitar 1.500 tempat ibadah sedang dipersiapkan untuk menyambut pengunjung, saluran melaporkan, menunjukkan rekaman pekerja mendesinfeksi lantai dan karpet. Keputusan itu datang berminggu-minggu sebelum haji, ibadah tahunan muslim ke Makkah.

Namun hingga kini, ibadah haji akan diadakan pada akhir Juli, pihak berwenang belum mengumumkan apakah akan melanjutkan atau dibatalkan. 

Baca juga:  Raja Salman Diisolasi, 150 Anggota Kerajaan Saudi diduga Terkena Covid-19

Di luar Makkah, masjid-masjid di wilayah lain di negara itu dibuka kembali pada akhir Mei, tetapi dengan aturan ketat yang memberlakukan jarak sosial dan langkah-langkah lainnya.

Saudi merupakan Negara Teluk yang paling terpukul dampak pandemi Covid-19 paling parah, Sampai saat ini, Arab Saudi telah melaporkan lebih dari 150.000 kasus virus korona, termasuk hampir 1.200 kematian. (AFP)