Resmikan Kampung Rewako, NA Berharap Konsep ini Bisa Meningkatkan Imunitas

gub sulsel resmikan kampung rewako Resmikan Kampung Rewako, NA Berharap Konsep ini Bisa Meningkatkan Imunitas

detakhukum.com, Gowa – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Nurdin Abdullah (NA) meninjau langsung dan sekaligus meresmikan Kampung Rewako Gowa di Desa Julubori, Kecamatan Pallangga, Selasa (16/6/2020).

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah menyampaikan apresiasi terhadap pembentukan Kampung Rewako ini. Ia berharap kampung Rewako ini juga hadir pada desa-desa lainnya.

“Jujur kita takjub melihat Kampung Rewako ini karena pemilihan lokasi yang sangat bagus, inovasi para kepala desa dan camat atas arahan pak bupati ini saya kira harus direplikasi dan dikembangkan ke seluruh desa,” Ucap Nurdin Abdullah.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini menilai bahwa kehadiran Kampung Rewako di tengah pandemi (Covid-19) sangat dibutuhkan. Pasalnya, Kampung Rewako dengan konsep ini bisa meningkatkan imunitas.

“Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas, kita cari tempat-tempat seperti ini bisa makan makanan yang segar apalagi ini semua kearifan lokal yang harus diapresiasi,” jelasnya.

Baca juga:  Rapid Test Gratis Saat Bayar Pajak Kendaraan di Samsat

Gubernur Nurdin Abdullah berharap kehadiran tempat ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan berharap Pemerintah Kabupaten Gowa dapat terus berinovasi.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan Kampung Rewako ini dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan diantara kita semua di masa pandemi (Covid-19) ini.  

“Jika pandemi ini terus berlangsung maka pandemi ini juga akan berdampak pada sosial kemasyarakatan. Kampung Rewako ini juga menjadi sumber ketahanan pangan kita yang ada di wilayah Kabupaten Gowa, Kecamatan Pallangga khususnya di desa Julubori,” Kata Adnan.

Menurutnya, kehadiran Kampung Rewako ini dapat juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

Baca juga:  Turun Ke Zona Orange, Bima Arya Minta Seluruh jajaran Untuk Konsolidasi Lapangan Serta Akselerasi Administrasi

Selain itu Kampung Rewako ini juga menjadi tempat berkumpulnya tokoh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas dan situasi yang kondusif dan aman di wilayah masing-masing.

Ia menambahkan bahwa Kampung Rewako ini akan dibentuk di 167 desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Gowa. Dan ia juga berharap Kampung Rewako ini dapat menjadi contoh di Sulawesi Selatan.

“Dalam waktu dekat ini ini Insya Allah ada 30 Kampung Rewako akan menyusul untuk kita resmikan dan 3 sampai 4 bulan kedepan Kampung Rewako akan berdiri di seluruh wilayah Kabupaten Gowa,” tambahnya.