Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Aplikasi Untuk Membuat Flowchart Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Ada rekomendasi penting nih untuk para programmer! Untuk menggambarkan suatu alur ataupun proses kerja, kalian tentu biasa memakai flowchart. Biasanya flowchart digunakan programmer untuk mempermudah membaca alur sebuah program. Nah, nyatanya terdapat berbagai aplikasi yang dapat kalian pakai buat membuat flowchart.

Pada dasarnya, flowchart merupakan cerminan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menciptakan sesuatu output. Dalam bahasa Indonesia, flowchart disebut juga sebagai bagan ataupun diagram alir.

Pertanyaannya, aplikasi apa saja yang dapat dimanfaatkan buat membuat flowchart? Hal itu akan dibahas pada postingan ini, yaitu beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat flowchart, kita simak ya berikut ini:

1. CACOO

CACOO Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Cacoo adalah aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk membuat flowchart. Karena Cacoo memiliki user interface yang sederhana sehingga mudah digunakan bagi pemula. Aplikasi ini juga memiliki beragam pilihan template yang bisa membuat flowchart semakin menarik.

Selain flowchart, kita juga bisa membuat mind map, diagram Venn, floor plan, hingga kalender dengan aplikasi ini. Semua itu bisa kita gabungkan dalam satu flowchart.

2. DRAW.IO

DRAW.IO Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Kalau kalian memerlukan aplikasi free untuk membuat flowchart. Draw.io merupakan jawabannya. Alasannya, sangat sedikit aplikasi flowchart yang bisa digunakan secara free. Sedangkan, Draw.io seluruhnya bisa kalian pakai secara free.

Tetapi, pasti fitur yang ditawarkan aplikasi ini tidak selengkap aplikasi yang lain. Kalian cuma dapat membuat flowchart yang simpel. Terdapat bermacam elemen dasar yang dapat kalian manfaatkan di Draw.io, semacam oval, persegi, segitiga, garis, serta panah.

Baca juga:  Pengertian Dari Peran Software Tester Dan Tugasnya

Draw.io bisa kalian pakai secara online. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menyambungkannya dengan Google Drive, Dropbox serta OneDrive.

3. GOOGLE DRAWINGS

google drawings Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Google Drawings adalah salah satu produk Google berupa aplikasi website yang dapat menolong kamu untuk membuat flowchart. Aplikasi yang satu ini sangat mudah digunakan serta mempunyai fitur yang terbilang cukup lengkap.

Serupa produk Google yang lain, kalian juga dapat mengatur bahasa di Google Drawings. Tetapi karena aplikasi yang diluncurkan pada 2010 ini merupakan aplikasi berbasis web, kalian membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

Setelah membuat flowchart hasilnya akan tersimpan secara otomatis ke account Google Drive kalian.

4. SMARTDRAW

SmartDraw Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Rekomendasi aplikasi yang lain yang dapat kalian pakai untuk membuat flowchart merupakan SmartDraw. Aplikasi ini mempunyai paling tidak 70 jenis diagram. Jadi, kalian dapat mengeksplor bermacam wujud flowchart yang tidak sering kalian pakai.

Baca juga:  Mengenal MEAN, MERN dan MEVN Stack

Kalau kalian mau bekerjasama dengan rekan satu tim dalam membuat flowchart, kalian dapat menyambungkan SmartDraw dengan Confluence, JIRA, Trello, serta Google Suite.

SmartDraw bisa kalian gunakan dalam web bernama SmartDraw Cloud serta tipe desktop bernama SmartDraw for Windows.