Radiasi Nuklir Terdeteksi di Perumahan Batan Indah Tangerang

radioaktif 1 Radiasi Nuklir Terdeteksi di Perumahan Batan Indah Tangerang

detakhukum.com, Tanggerang – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mendeteksi adanya paparan radiasi nuklir di lingkungan Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan, Banten. Temuan tersebut berdasarkan pemantauan menggunakan alat mobile RDMS-MONA pada 30-31 Januari 2020.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan menjelaskan bahwa pihaknya melakukan uji fungsi alat tersebut secara rutin untuk menjamin keandalannya.

Pengujian pun dilakukan di wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspitek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun Kereta Api Serpong.

“Secara umum nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal. Namun pada saat dilakukan pemantauan di Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi,” jelas Indra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/2). 

Kenaikan paparan radiasi tersebut terjadi di lingkungan area tanah kosong, di samping lapangan voli blok J, Perumahan Batan Indah.

Tim uji Bapeten pun melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di daerah tersebut untuk memastikan tingkat radiasi. Hasilnya, ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal.