Petugas BPN Inisiatif Datangi Rumah Pemohon Sertifikat Yang Hilang Untuk Di Ambil Sumpah

BPN Petugas BPN Inisiatif Datangi Rumah Pemohon Sertifikat Yang Hilang Untuk Di Ambil Sumpah
Petugas BPN Kab Bogor Mendatangi Rumah Pemohon Untuk Diambil Keterangan Sumpah (dok/Rdb)

detakhukum.com,Bogor- langkah cepat yang diambil BPN Kabupaten Bogor melayani pemohon sertifikat,petugas berinisiatif mendatangi rumah pemohon untuk melakukan pengambilan sumpah sebelum sertifikat tanah pengganti yang hilang diterbitkan.Langkah ini diambil karena pemohon atas nama Nisan, tengah sakit sehingga tidak bisa hadir ke kantor BPN Cibinong Kabupten Bogor..

Pelayanan ini diluar kebiasaan.Karena,pengambilan sumpah sertifikat yang hilang jadi bagian proses pengurusan yang tidak bisa ditinggalkan.Dan mestinya, pengambilan sumpah sertifikat hilang dilakukan di loket pertanahan atau dengan mendatangi kantor BPN setempat.

Nasan yang bertempat tinggal di kawasan Bantargebang kota Bekasi,mengaku senang dengan kedatangan petugas BPN,Karena saya sakit,jadi saya gak bisa datang ke BPN.Malah mereka yang datang.Saya bersyukur sekali.Terimakasih BPN,kata Nasan.

Untuk diketahui,sumpah ini perlu dilakukan dan sudah menjadi syarat dan prosedur dalam pemenuhan berkas kelengkapan dalam pelayanan pendaftaran sertifikat pengganti karena hilang.Bagi masyarakat yang kehilangan sertipikat tanah tidak perlu khawatir.

Dengan itikad baik,masyarakat dapat mengajukan pendaftaran sertifikat pengganti ke BPN Kabupaten Bogor dengan menyertakan dokumen berupa fotocopy sertifikat (jika ada),surat kehilangan dan hasil berita acara pemeriksaan dari kepolisian, fotocopi KTP,dan SPPT PBB,dan surat pernyataan dibawah sumpah.

Proses penyelesaian berkas maksimal diselesaikan selama 40 hari dengan biaya ke negara sebesar Rp50 ribu untuk pendaftarannya dan biaya sumpah sebesar Rp200 ribu.

Kami berusaha dengan tekad memudahkan pelayanan kepada masyarakat,Dan akan mendatangi jika memang sangat urgent kondisinya tidak dapat hadir ke kantor,demikian kata  Kepala Kantor BPN Kabupaten Bogor,Sepyo Achanto pada wartawan.(6/8/2020)

Selanjutnya dia mengatakan bahwa,sistem memudahkan pelayanan tanpa mengabaikan aspek hukum sangat penting untuk dapat mewujudkan zona integritas. Dengan begitu,masyarakat menjadi puas dengan layanan BPN.Namun,dia tetap merasa aman dengan produk yang kita hasilkan,terangnya.

Sepyo mengatakan,BPN Kabupaten Bogor memang tengah berbenah,melalui program jemput bola.Sebab,diharapkan dapat membangun kepercayaan publik yang lebih baik kepada BPN Kabupaten Bogor.Bantu Kami menjadi lebih baik,pesannya.(Red).