Mudik Lebaran Diizinkan, KAI Menambah Empat Perjalanan Kereta Jarak Jauh

EeF0RmqU8AAF Fq Mudik Lebaran Diizinkan, KAI Menambah Empat Perjalanan Kereta Jarak Jauh
Foto: @keretaapikita

detakhukum.com, Jakarta – Diizinkannya mudik Idul Adha 1441 H mem­buat PT Kereta Api (Persero) atau KAI bersiaga dengan menambah empat perjalanan kereta jarak jauh. Hal itu dilakukan untuk menganti­sipasi lonjakan penumpang yang terjadi saat libur Lebaran tersebut.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, penambahan empat kereta api ini sekaligus menjadikan total sebelas KA yang beroperasi di wilayah Daop 1 Ja­karta pada Kamis (30/7).

Baca juga:  Pemkot Bogor Keluarkan Protokol Kesehatan Sholat Idul Adha, Penjualan dan Pemotongan Hewan Kurban

”Di mana tujuh KA di antaranya keberangkatan dari Stasiun Gambir dan empat KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen,” kata Eva mela­lui keterangan rilisnya, kema­rin.­

Penambahan perjalanan KA ini, lanjutnya, juga berimbas pada peningkatan jumlah penumpang sekitar 20 persen pada akhir pekan ini jika di­bandingkan dengan akhir pekan minggu lalu. Menurut Eva, jumlah tersebut dipre­diksi akan terus bertambah, mengingat proses reservasi tiket masih terus berlangsung.

Keempat kereta yang ditam­bah tersebut berangkat dari Stasiun Gambir menuju Solo, Yogyakarta dan Surabaya. Dengan rincian KA enam Argo Bromo Anggrek (relasi Stasiun Gambir-Surabaya Pasar Turi), keberangkatan pukul 20:30 WIB dari Stasiun Gambir dan pukul 21:02 WIB dari Stasiun Bekasi. Selain 30 Juli 2020, KA Argo Bromo Ang­grek juga beroperasi pada 2, 7, 8, 9, 14, 15, 16, 17, 19, 20, 21, 22, 23, 28, 29 dan 30 Agus­tus 2020.

Baca juga:  KA Bandara Soetta Kembali Beroperasi Mulai 1 Juli

Selanjutnya ada KA Argo Lawu (relasi Stasiun Gambir-Solo), Keberangkatan pukul 21:00 WIB. KA Taksaka (re­lasi Stasiun Gambir-Yogya­karta), keberangkatan pukul 21:30 WIB. Dan KA Mutiara Selatan (relasi Stasiun Gam­bir-Surabaya Gubeng), kebe­rangkatan pukul 17:10 WIB.

Dengan ditambahnya empat perjalanan KA tersebut, ma­ka total terdapat sebelas KA yang beroperasi di wilayah Daop 1 Jakarta pada 30 Juli 2020. Di mana tujuh KA di antaranya keberangkatan dari Stasiun Gambir. Sedang­kan empat KA lainnya berang­kat dari Stasiun Pasar Senen.