Menko Perekonomian Klaim Kegiatan Ekonomi Mulai Mengalami Perbaikan

airlangga3 fuqhg2 618x380 1 1 Menko Perekonomian Klaim Kegiatan Ekonomi Mulai Mengalami Perbaikan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

detakhukum.com,Jakarta– Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto,menyebut indikator perekonomian terus mengalami tren perbaikan. Dibandingkan dengan negara lain, Menko Airlangga menyebut kontraksi Indonesia di kuartal II tak terlalu dalam.

Di mana, ekonomi Indonesia terkontraksi -5,32 persen. Sementara, Filipina mencapai -16,5 persen. Singapura -12 persen. Jerman -11 persen dan Prancis -19 persen.

“Tren Perekonomian berbagai indikator sudah ada perbaikan arah positif. Pandemi ini yang terburuk ada di akhir Maret, awal April. Di mana seluruh chart itu berada di bawah. Tapi beberapa sudah naik,” ujar Menko Airlangga dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2021, Jumat (14/8).

Selain itu, Menko Airlangga juga mencatat harga minyak yang relatif naik.Tembaga dan aluminium juga menunjukkan tren yang sama.Demikian juga CPO juga sudah RM 2.800/ton.

Jadi,kira kira sudah di atas harga.Lalu, ini juga relatif harganya baik.Dari ekonomi baik di Sumatera dan Kalimantan tak sedalam di pulau Jawa,” kata Menko Airlangga

Menko Airlangga menyebutkan beberapa sektor yang jadi pengungkit pemulihan ekonomi. Dalam catatannya,pertambangan sudah menunjukkan pertumbuhan positif. Lalu, beberapa sektor keuangan, pendidikan, real estate, properti disebutnya jadi pengungkit yang memiliki multiplier besar.

“Lalu industri utiliti dan kesehatan.Domestik ekonomi, kendaraan bermotor sudah naik. Penjualan retail juga sudah naik.Indeks keyakinan konsumen naik,survei dunia usaha dari -13 sudah membaik.Trennya sudah membaik seiring dengan kegiatan di Global.Kami juga melihat sektor perbankan, korporasi strukturnya sudah 17 persen. UMKM sudah 50-55 persen,”rincinya.(Mdk/Red)