Bisnis  

Mengelola Keuangan Itu Bukan Hanya Soal Menabung Dan Berhemat

Menabung Mengelola Keuangan Itu Bukan Hanya Soal Menabung Dan Berhemat
Designed by Freepik

Hemat pangkal kaya begitulah nasihat orang tua. Sejak kecil, kita diajarkan menabung uang jajan untuk membeli barang yang kita inginkan. Semuanya terasa simple ketika jaman sekolah dulu.

Namun strategi menabung itu tidak lagi efektif saat setelah kita memiliki penghasilan sendiri. Ada saja pengeluaran-pengeluaran lain yang harus dibayarkan tiap bulannya, mulai dari inflasi, pengeluaran mendadak, hingga cicilan hutang kredit tiap bulan.

Lantas, bagaimana sebaiknya kita mengelola keuangan kita?

1. Bangun Kualitas Diri

Investasi pertama dan terbaik adalah ilmu, pengalaman dan keterampilan. Semakin cepat kamu membangun kualitas diri kamu, semakin cepat pula karir dan pemasukanmu bertumbuh.

Baca juga:  Trading VS Investasi Saham, Mana Yang Lebih Baik?

2. Kendalikan Pengeluaran

Kendalikan dirimu dan prioritaskan pengeluaranmu pada hal-hal yang produktif dibandingkan dengan pengeluaran konsumtif.

3. Catat Pengeluaran

Memetakan pengeluaranmu sangat penting agar kamu tahu bentuk pengeluaran apa yang tidak perlu atau terlalu besar. Ini juga dilakukan sebagai langkah berinvestasi.

4. Berinvestasi Dengan Cara Yang Benar

Tentukan tujuan investasi, pilih instrumen yang cocok dan buat porsi alokasi investasi yang sesuai dengan profil risiko kamu.

Ciri khas orang yang sudah paham dengan literasi keuangan adalah uangnya gak numpuk di tabungan. Mereka sudah tahu bagaimana memutar uangnya secara produktif dengan risiko yang terkendali.

Uang yang menumpuk di tabungan adalah tanda seseorang belum mengenal dunia investasi sama sekali. Yuk upgrade diri kamu, supaya aset kamu nggak tergerus inflasi dan nggak perlu galau sama naik-turunnya nilai tukar rupiah.dolar.

Baca juga:  Profil Singkat Ciputra, Sang Pelopor Real Estate Yang Sukses Jadi Konglongmerat