Kementerian Agraria Bagikan 6.014 Sertifikat Tanah Di 29 Desa/Kelurahan Secara Virtual

sertifikat 696x400 1 Kementerian Agraria Bagikan 6.014 Sertifikat Tanah Di 29 Desa/Kelurahan Secara Virtual
Foto Ilustrasi Sertifikat

detakhukum.com, Cilacap – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali melakukan pembagian sertifikat tanah kepada masyarakat.Kali ini giliran warga Cilacap, Jawa Tengah yang diberikan sertifikat oleh pemerintah.

Namun ada yang berbeda dari pembagian sertifikat tanah ini.Karena pembagian sertifikat yang biasanya dihadiri langsung oleh Menteri bahkan Presiden Joko Widodo di lapangan,kini hanya dilakukan lewat virtual.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengatakan, ada total 6.014 sertifikat yang akan dibagikan kepada masyarakat di 29 desa/Kelurahan di 11 Kecamatan di Kabupaten Cilacap. Namun secara simbolis, hanya 20 sertifikat saja yang diserahkan langsung.

Mengingat,dalam penyerahan sertifikat tanah ini harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak untuk menghindari penyebaran virus corona. Oleh karena itu, peserta yang hadir pun dibatasi dan juga tempat duduknya diatur berjarak.

“Tadi kan cuma 20 orang (yang menerima sertifikat secara simbolik) selebihnya akan diserahkan lewat Kepala Desa”, ujarnya dalam acara penyerahan sertifikat tanah secara virtual, Jumat (26/6/2020).

Menurut Sofyan Djalil, sisa dari sertifikat tanah ini segera diserahkan kepada masyarakat. Mengingat banyak masyarakat yang membutuhkan sebagai modal usaha agar ekonomi keluarganya bisa kembali bangkit setelah terpuruk karena covid-19.

Untuk itu,kata Sofyan Djalil terus mendorong jajarannya dalam percepatan penyertipikatan tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Banyaknya manfaat dari sertipikat ini harus kita sadari,BPN akan terus kita dorong untuk mengerjakan pembuatan sertipikat dalam program PTSL secara lebih cepat.

Pada tahun ini memang karena Covid,jadi ada penyesuaian anggaran sehingga target 2020 terpaksa dikurangi,tapi di 2021 Insya Allah kita akan kembali ke target semula,ungkapnya.

Menteri Sofyan Djalil menambahkan dalam pelaksanaan PTSL,dukungan dari Pemerintah Daerah sangat membantu.Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada seluruh jajaran yang berada di daerah untuk terus melakukan pendekatan kepada pemda supaya pelayanan publik bisa berjalan lebih cepat.

Dukungan dari pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/Kota sangat membantu,saya harapkan seluruh Kantor Wilayah BPN di Indonesia supaya melakukan program yang sama,pendekatan kepada pemda demi pelayanan publik bisa berjalan lebih cepat,kata Sofyan Djalil.

Sementara itu,Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap Yuli Mardiono mengatakan,pihaknya akan segera menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat. Menurutnya, paling lambat dalam. Seminggu ke depan, sertifikat tanah sudah bisa sampai ke tangan masyarakat.

Sebelumnya,sudah ada beberapa masyarakat yang menerima sertifikat. Tercatat ada 1500 sertifikat sudah diserahkan sebagai dokumentasi awal,sedangkan sisanya 4.515 akan dibagikan bertahap.

Sertifikat akan kami serahkan segera selama 1 Minggu setelah acara penyerahan secara simbolik oleh Bapak Bupati kepada 20 orang perwakilan masyarakat yang secara virtual saat ini disaksikan oleh Bapak Wamen ATR/BPN Surya Tjanra hingga Wakil Gubernur Jawa Tengah,Taj Yasin Maimoen jelasnya.(dth)