Jauhi BPJS: Budget Pas-pasan, Jiwa Sosialita

Sosialita Jauhi BPJS: Budget Pas-pasan, Jiwa Sosialita

Kamu pasti pernah ketemu orang yang hidupnya seperti sosialita yang serba mewah. Gak salah, sih. Selagi mereka punya uang dan gak menyusahkan orang lain.

Tapi masalahnya, sekarang banyak orang yang mengadopsi gaya hidup sosialita. Padahal kondisi keuangan mereka terbatas. Gak jarang mereka menghalalkan secara cara supaya bisa terlihat seperti kalangan elit.

Berdasarkan fenomena tersebut, ungkapan BPJS atau budget pas pasan jiwa sosialita muncul. BPJS adalah sindiran untuk mereka yang menjalani hidup seperti orang kaya padahal gak punya cukup dana.

Ciri-ciri Penganut BPJS

Mereka mudah ditemui di sekitar kita. Kenali ciri-cirinya supaya kamu bisa lebih waspada dan gak jadi salah satunya.

Baca juga:  7 Cara Berhemat yang Sebaiknya Dihindari, Kok Bisa?

1. Pendapatan gak seberapa tapi gaya hidup mewah

Para BPJS punya dana terbatas. Mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi, gak cukup untuk memenuhi semua keinginan dan gaya hidupnya yang kelewat tinggi.

2. Demi gengsi

Mereka cenderung gak mau beli barang murah dan gak branded karena gengsi. Barang branded dirasa bisa meningkatkan harkat dan martabat. Padahal gak juga. Semahal apapun baju yang dibeli kalau gak nyaman, sama juga bohong, dong. Tapi mereka gak peduli. Pokoknya rela gak makan esok hari biar bisa pakai baju trendi.

3. Ingin dipuji orang lain

Salah satu goal kaum BPJS adalah supaya dia bisa dianggap keren oleh orang lain. Mereka akan senang ketika dianggap kaya dan berkelas. Apalagi ketika orang-orang melontarkan pujian secara langsung. Berarti, usaha mereka untuk tampil hits berhasil.

Baca juga:  3 Alasan Buruk Untuk Berhutang KTA

4. Sering berutang

Pengeluaran yang gak sebanding dengan pemasukan mendorong kaum BPJS buat berutang. Makanya, mereka gak ragu buat pinjam uang ke teman. Kalau mentok, pinjaman online jadi solusi. Bayarnya itu urusan nanti. Giliran terlilit utang yang menumpuk baru tahu rasa, deh!

5. Tukang pamer

Mereka selalu pamer di media sosial supaya orang-orang mengira kalau mereka adalah orang kaya. Padahal, media sosial mendistorsi realitas. Apa yang ditampilkan di sana belum tentu yang terjadi sebenarnya.

Cepat atau lambat, perilaku BPJS ini akan merugikan. Lebih baik bergaya semampunya saja. Penuhi semua kebutuhan dan keinginan kamu dengan cara yang benar. Siapkan tabungan untuk membeli apapun yang kamu inginkan tanpa merugikan orang.

Baca juga:  5 Hal Yang Sebaiknya Ada Dalam Anggaran Bulanan