Hari Ini Ratusan TKI dari Malaysia Mulai Menuju Pelabuhan Dumai

Gubernur Riau Syamsuar Hari Ini Ratusan TKI dari Malaysia Mulai Menuju Pelabuhan Dumai
Gubernur Riau Syamsuar

detakhukum.com, Riau – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama instansi terkait lainnya telah mempersiapkan penyambutan ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun transit di Pelabuhan Dumai.

“Hari ini kita rapat dalam rangka pemulangan TKI dari Malaysia, dimana pak Panglima TNI dan Kapolri telah menyampaikan ke pak Kapolda Riau bahwa pemulangan TKI ini dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, baru menuju Pelabuhan Dumai,” kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Kamis (26/3/2020).

“Jadi Pelabuhan Dumai tempat transitnya pemulangan TKI, baik dari Riau maupun provinsi di luar Riau khususnya Sumatera,” sambungnya didampingi Kapolda Riau dan Danrem 031 Wirabima.

Ditanya berapa orang TKI dari Riau, mantan Bupati Siak dua periode ini mengaku belum mengetahui secara detail.

“TKI kita belum tahu, tapi ada beberapa titik di Riau seperti Bengkalis ada 117 orang, kemudian ada Selat panjang dan Tembilahan. Yang jelas bukan hanya TKI dari Riau saja, tapi ada juga dari Aceh sampai Lampung totalnya ada 500 orang lebih,” terangnya.

Lebih lanjut Gubri menjelaskan, sebelum transit di Pelabuhan Dumai, terlebih para TKI sudah menjalani tes kesehatan di Tanjung Balai Karimun.

“Tim kesehatan langsung di Tanjung Balai Karimun, kalau dicek kesehatan terpapar akan dikarantina di Pulau Galang Tanjung Balai Karimun,” katanya.

Karena itu, Gubri telah berkomunikasi dengan Walikota Dumai untuk menyambut para TKI.

“Hari ini TKI sudah mulai datang, dan Pemerintah Dumai tengah menunggu TKI yang sedang dalam perjalanan. Selanjutnya besok juga begitu,” tegasnya. (cakaplah)