Gempa M 5,3 Mengguncang Blitar Jatim, Tak Berpotensi Tsunami

gempabumi blitar Gempa M 5,3 Mengguncang Blitar Jatim, Tak Berpotensi Tsunami

detakhukum.com, Blitar – Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Blitar dini hari tadi. Namun sampai pagi ini, BPBD Kabupaten Blitar belum menerima laporan adanya kerusakan ataupun korban jiwa.

Hasil analisis BMKG Nganjuk menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mag:5.3 Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,29 LS dan 112,31 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 129 km Tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada kedalaman 79 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Baca juga:  Suara Dentuman Yang Terjadi di Jabodetabek Masih Misterius

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Blitar, Karangkates, Trenggalek, Nganjuk, Pacitan, Jember, III MMI. Dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truck berlalu.

Untuk daerah Kulonprogo, Bantul, Cilacap, Wonogiri, II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Menurut BMKG, Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Baca juga:  Gubernur Sulsel Tinjau lokasi Pasca Banjir Bandang di Bantaeng