Sains  

Danau Natron, Salah Satu Danau Berbahaya Di Dunia

lake narton Danau Natron, Salah Satu Danau Berbahaya Di Dunia

Dijuluki danau Neraka, Natron bukanlah tempat menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Danau ini ditakuti karena bisa mengancam hidup siapapun. Meski bentang alam sekitar amat mempesona, namun tetap terkalahkan dengan kengerian yang terjadi. Karena itu, hingga kini tempat ini hampir sepi dari jejak langkah manusia.

Danau satu ini memang mengundang mimpi buruk karena hal menakutkan yang ada di sana. Hal tersebut tak lain adalah kekuatan si Natron yang bisa mengubah siapa pun lama kelamaan menjadi batu tatkala mencoba menceburkan diri.

Serius ini sangat nyata. Buktinya adalah hewan-hewan yang benar-benar membatu ketika lengah atau tidak sengaja tercebur ke dalam Natron.

Danau Natron terletak di Utara Tanzania, dekat dengan perbatasan Kenya. Danau garam ini juga berada di sebelah utara timur dari kawah Ngorongoro, di Lembah Rift, Afrika. Nama Natron sendiri diambil dari mineral natron yang merupakan mineral natrium karbonat dekahidrat (sodium carbonate decahydrate).

Baca juga:  Sukses Kenalan Dalam 3 Langkah Sama Cewek

Rahasia kenapa danau ini begitu memancarkan maut adalah kandungan mineral khas di sana yang memiliki efek mengeraskan. Belum lagi suhu di situ juga cukup panas (sekitar 60 derajat celcius). Kombinasi dari kondisi-kondisi tersebut akhirnya menciptakan suatu medium yang sangat berbahaya bagi siapa pun.

Danau natron yang terkenal mematikan ini bukanlah danau yang teramat dalam. Sebaliknya, kedalamannya hanya mencapai 3 meter. Tapi, dengan pH air yang mencapai angka 10, tentu dengan mudah membakar kulit dan mata hewan yang tidak mampu beradaptasi.

Ditambah suhu air yang bisa mencapai 60 derajat Celcius, cukup mematikan bagi hewan-hewan kecil yang terjatuh dalam air danau.

Belum lagi kandungan mineral yang ada dalam air danau lah yang efeknya sangat mematikan. Pasalnya mineral dalam danai mempunyai fungsi serupa dengan zat pengawet yang digunakan untuk membuat mumi.

Baca juga:  Ternyata Ini Dia Penyebab Kebosanan

Akibatnya, hewan yang tercebur dan mati di danau akan seperti benda yang tercelup ke kubangan semen. Menjadi perlahan mengeras dan membatu.

Berusia sekitar 1 juta tahun, Gunung yang ada di dekat Danau Natron adalah penyumbang zat-zat yang membuat air danau Natron berubah menjadi pembunuh yang mematikan.