Tips  

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Yang Terblokir

Kartu SIM Yang Terblokir Cara Mengaktifkan Kartu SIM Yang Terblokir

Ada beberapa alasan kenapa kartu SIM sampai bisa terblokir. Pertama karena kamu nggak melakukan registrasi kartu, lupa PIN atau bahkan karena sudah melewati masa tenggang kartu.

Berikut ini saya share tips dan cara mengaktifkan kartu SIM yang terblokir karena beberapa alasan.

1. Kunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

indosat kompas 1 Cara Mengaktifkan Kartu SIM Yang Terblokir

Bagi pengguna Telkomsel harus mengunjungi GraPaRi, untuk pengguna XL maka kunjungi XL Center dan bagi kamu pengguna Indosat bisa mengunjungi Galeri Indosat terdekat.

Baca juga:  6 Game Online Yang Populer Pada Zaman Warnet

Disana kamu akan mendapatkan bantuan dan akan diarahkan untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.

Jika memang betul-betul tidak lagi bisa diaktifkan, otomatis kamu pun harus beli nomor baru dan jangan lupa untuk melakukan registrasi.

2. Hubungi Call Center Layanan Operator Seluler

Sebelum menelpon, di sarankan agar kamu sudah lebih dulu menyiapkan kartu identitas seperti misalnya eKTP sebagai salah satu persyaratannya. Untuk informasi nomor telepon Call Center dari berbagai operator seluler di indonesia kamu bisa simak di tabel berikut ini:

OPERATOR CENTERNOMOR CALL CENTER
Telkomsel188
Indosat185
XL817
Tri132
Axis838
Smartfren888

3. Lihat Nomor PUK Di Kerangka Pembungkus Kartu SIM

Kamu bisa menemukan nomor PUK di kerangka pembungkus kartu SIM yang kamu beli.

Baca juga:  Berapa Sih Pendapatan Youtuber Dari Iklan?

4. Lihat PUK Di Aplikasi Provider

Fitur untuk melihat kode PUK ini sendiri hanya bisa ditemukan di beberapa aplikasi Provider seperti Telkomsel dan XL. Untuk melihat kode PUK di aplikasi MyXL, kamu bisa pergi ke menu Lainnya > Lihat PUK > Masukkan 19 digit nomor ICCID yang terletak di bagian bawah kartu SIM XL. Setelah itu, silahkan kamu tekan tombol “Lihat PUK” yang ada di bagian bawah.

5. Mengaktifkan Kartu Yang Terblokir Karena Masa Tenggang

Berbeda dengan solusi sebelum-sebelumnya yang sebagian kecil bisa kamu atasi sendiri, cara mengaktifkan kartu yang terblokir karena tidak isi pulsa ini harus ditangani oleh ahlinya.

Baca juga:  7 Tips Jadi UI/UX Designer Buat Pemula

Jadi, satu-satunya cara yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengunjungi pusat layanan operator seluler yang digunakan. Ini juga termasuk buat kamu yang mencari cara mengaktifkan kartu yang terblokir Telkomsel karena tidak isi pulsa.

Nah, itulah tips dan cara mengaktifkan kartu SIM yang terblokir karena beberapa alasan, jadi mulai saat ini, perhatikan apa saja yang menyebabkan kartu SIM kamu terblokir baik itu karena jarang isi pulsa sebab menggunakan koneksi wifi terus maupun hal lainnya. Semoga infonya bermanfaat.