Bogor Diguyur Hujan Sejak Sore, Status Bendungan Katulampa Masih Aman

Bendungan Katulampa Bogor Diguyur Hujan Sejak Sore, Status Bendungan Katulampa Masih Aman

detakhukum.com, Bogor – Hujan yang mengguyur di sebagian besar wilayah Bogor sejak sore hingga petang ini tidak berdampak pada tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa, Minggu (27/9/2020).

Petugas Jaga Bendung Katulampa, Achmad Aliyudin menyebutkan hingga pukul 16.00 WIB, TMA Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa setinggi 10 centimeter (CM) dengan status siaga 4 atau normal.

“Meski demikian, saat ini hujan gerimis masih terus mengguyur wilayah Bogor, khususnya kawasan hulu sungai Ciliwung yaitu Puncak. Maka dari itu, bagi warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung untuk tetap waspada,” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor pada Senin 21 September 2020 petang membuat Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor sempat menyentuh level tertinggi yakni 250 centimeter atau siaga 1 banjir Jakarta.

Baca juga:  Dedie Inginkan Karang Pamitran Jadi Penyemangat Anggota Pramuka

Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman menyebutkan, kenaikan TMA Bendung Katulampa itu terjadi secara mendadak yang semula pada pukul 17.49 WIB hanya 50 centimeter (siaga 4), karena hujan di Puncak, Bogor sebagai kawasan hulu Sungai Ciliwung cukup deras, sehingga pada pukul 18.18 langsung merangkak naik menjadi 250 centimeter (siaga 1).

“Bahkan pada pukul 18.18 WIB, TMA sungai Ciliwung di Bendung Katulampa sempat menyentuh level tertinggi yaitu 250 centimeter (siaga 1),” katanya.

Ia menambahkan permukaan air Sungai Ciliwung yang berstatus siaga satu ini disebabkan hujan lebat di kawasan Puncak, Cisarua-Megamendung, Kabupaten Bogor, berlangsung cukup lama.

“Jadi di hulu yang pengaruh, yang terbesar hujannya. Rata kawasan Puncak hujan deras,” kata Andi.

Baca juga:  Pemkot Bogor Raih Penghargaan Peringkat III BKN Award 2021