Bisnis  

Biografi Zhong Shan Shan Orang Kaya Ke-2 Di China Yang Berhasil Menyalip Jack Ma

Zhong Shan Shan Jack Ma Forbes Biografi Zhong Shan Shan Orang Kaya Ke-2 Di China Yang Berhasil Menyalip Jack Ma

Zhong Shan Shan merupakan pengusaha yang lahir pada tahun 1954. Zhong pendiri air kemasan Nongfu Spring dan Ketua Farmasi Beijing Wantai Biological Pharmacy yang sedang mengembangkan vaksin untuk virus corona (COVID-19).

Tercatat saat ini total kekayaan Zhong mencapai US$ 58,7 miliar atau setara dengan Rp 873,7 triliun. Kekayaan ini yang berhasil menggeser Jack Ma dan Menjadikan Zhong Shan Shan orang kaya ke-2 di China.

Zhong Harus Berhenti Di Sekolah Di Usia 12 Tahun

Di usia 12 tahun Zhong terpaksa harus putus sekolah karena orang tuanya menjadi korban dari revolusi China saat itu. Zhong juga pernah gagal saat mendaftar di Universitas Terbuka di China sebanyak 2 kali.

Baca juga:  Biografi William Tanuwijaya, Dari Penjaga Warnet Sekarang Jadi Triliuner

Setelah itu, Zhong mencoba berbagai pekerjaan mulai dari buruh, sales makanan dan minuman ringan dan terakhir bekerja menjadi wartawan selama 5 tahun.

Menguasai Sektor Air Minum Kemasan

Di tahun 1993, Zhong mendirikan sebuah brand produk kesehatan yang bernama Yangshengtang. Dan pada tahun 1996, Zhong pun mendirikan Nongfu Spring.

Tahun 2018, perusahaan Zhong diklaim telah menguasai 26% sektor air minum kemasan di China. 1 tahun setelahnya, pendapatan perusahaan mencapai US$ 3,4 miliar atau setara dengan Rp 50,9 triliun.

Berekspansi Ke Dunia Farmasi

Setelah perusahaan air minum Nongfu Springnya berkembang, Zhong membuka usaha baru dibidang farmasi.

Dan pada tahun 2001, Zhong membeli saham mayoritas dari perusahaan farmasi Beijing Wantai Biological Pharmaceutical Enterprise Co. Sehingga Zhong memiliki 75% saham perusahaan farmasi. Dan pada April 2020, perusahaan ini berhasil terdaftar di Bursa Efek China.

Baca juga:  Biografi Nadiem Makarim, Founder Gojek Yang Sekarang Jadi Triliuner

Zhong Memilih Untuk Berbagi Kesuksesan Bersama Orang Dekat

Zhong dikenal dengan julukan Serigala Tunggal karena Zhong yang rendah hati dan tertutup jika dibandingkan dengan pemimpin lainnya. Zhong juga tidak memiliki banyak teman pengusaha dan memilih menjalankan bisnisnya bersama orang terdekatnya.

Dikabarkan, saudara istri Zhong yang paling tua memiliki 1,4% saham di Nongfu Spring yaitu sebesar US$ 432 juta atau setara dengan Rp 6,47 triliun. Dua saudara kandung Zhong juga memiliki saham di Nongfu Spring masing-masing sebesar US$ 428 juta atau setara dengan Rp 6,41 triliun dan US$ 214 juta atau setara dengan Rp 3,2 triliun. Bahkan, 33 staf Zhong memiliki 0.79% saham Nongfu Spring.

Baca juga:  Investasi Tanpa Target Bagai Berlayar Tanpa Tujuan

Menjadi Orang Terkaya Di China

Berkat kedua usaha yang dimiliki Zhong, kini kekayaan Zhong berhasil menggeser Jack Ma yang memiliki kekayaan sebesar US$ 56,5 miliar atau setara dengan Rp 840,27 triliun.