Motor  

Berikut Tips & Cara Mengatasi Motor Menjadi Brebet

motor 2 Berikut Tips & Cara Mengatasi Motor Menjadi Brebet

5. Setelan Klep Tidak Pas

Menjaga kondisi semua komponen mesin menjadi kewajiban agar terhindar dari brebet. Nah salah satu komponen yang sangat berpengaruh adalah klep atau valve. Apabila setelah klep terlalu rapat atau terlalu longgar maka akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Hal tersebut berakibat terhadap pencampuran bahan bakar, udara, dan pengapian menjadi tidak sempurna yang apabila dibiarkan maka akan membuat motor menjadi brebet.

Penyebab motor brebet di atas harus segera ditangani agar nantinya tidak menjalar ke komponen mesin lainnya. Solusinya adalah dengan melakukan perbaikan ke bengkel resmi ataupun bengkel berpengalaman yang sudah terbiasa menyetel klep motor. Jangan asal memilih bengkel, karena dibutuhkan pengalaman khusus dalam menyetel klep motor yang nantinya akan membuat performa motor selalu optimal.

6. Terjadi Masalah Pada Putaran Stasioner

Yah, putaran stasioner akan sangat berpengaruh terhadap tarikan gas. Apabila pengaturan putaran stasioner di bawah standar, maka nantinya membuat tarikan gas menjadi tidak stabil dan menyebabkan motor mengalami brebet. Untuk mengatasi hal tersebut, lebih baik masbro datang langsung ke bengkel terdekat dan meminta bantuan untuk mengatur ulang putaran stasioner ke tenaga ahli yang terbiasa menggunakan alat penyetelan stasioner mesin.

Baca juga:  Spesifikasi Vespa Piagio Primavera 2019

7. Kerusakan Pada Sensor Injeksi

Sensor Injeksi atau Injektor memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jadi apabila Injektor mengalami kerusakan, maka pembakaran menjadi terganggu. Biasanya kerusakan Injektor disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang kurang sesuai dengan rasio kompresi mesin yang secara tak langsung mempengaruhi kualitas semprotan bahan bakar, sehingga tarikan motor menjadi brebet.

Solusi penyebab motor brebet di atas adalah dengan cara membersihkan injektor menggunakan cairan khusus pembersih injektor yang bisa dibeli di bengkel maupun toko aksesoris sepeda motor. Namun apabila lubang injektor sudah terlalu kotor, maka masbro bisa membersihkannya dengan sikat. Selain itu, jangan lupa menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya sesuai dengan yang ditetapkan pabrikan.

8. Masalah Pada Filter Bensin

Filter bensin memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari tangki ke bak karburator. Sering kali pemilik sepeda motor melakukan penggantian filter bensin yang tidak sesuai dengan standar pabrikan, sehingga mengakibatkan debit bensin yang masuk ke dalam bak karburator terlalu sedikit. Masalah tersebut menjadi salah satu penyebab motor brebet. Untuk mengatasi tersebut, lebih baik masbro menggunakan filter bensin yang sesuai agar kucuran bensin tetap deras.

Baca juga:  Mengenal Cara kerja Camshaft dan Rantai Cam Pada Motor

9. Fuel Pump Kotor

Fuel Pump berguna untuk memompa bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Apabila kondisinya kotor, maka bisa bisa mengakibatkan tekanan bensin terlalu tinggi atau terlalu rendah yang otomatis dalam menyebabkan motor brebet. Solusinya adalah mengecek kondisi Fuel Pump, apabila kotor maka harus segera dibersihkan. Masbro juga harus mengecek kekencangan fuel pump agar bisa bekerja secara optimal.

Berikut Merawat Mesin Agar Tidak Brebet

Setelah mengetahui penyebab motor brebet di atas, maka paling tidak masbro bisa mencegah hal tersebut tidak terjadi. Bisa dikatakan solusi penyebab motor brebet adalah melakukan service rutin untuk mengecek seluruh komponen mesin agar kondisinya tetap terjaga dan bisa bekerja optimal dalam mengoptimalkan sistem pembakaran ataupun sistem pengapian yang sangat berpengaruh terhadap tarikan gas motor.

Baca juga:  4 Tips Jaga Keawetan Aki (Accu) Motor Saat Jarang Dipakai

Saat service rutin, pastikan masbro membersihkan filter udara dan filter bensin agar bebas dari kotoran. Selain itu, jangan lupa memakai bahan bakar yang nilai oktannya sesuai standar pabrikan. Kondisi busi juga harus selalu dijaga dan kami sarankan untuk memakai busi yang sesuai dengan spesifikasi motor. Kemudian tips selanjutnya untuk mencegah penyebab motor brebet adalah dengan menjaga jangan sampai ada air yang masuk ke tangki bensin.

Sepeda motor yang selalu terawat pasti akan terhindar dari mesin brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. Namun tak semua orang memperhatikan kondisi motor miliknya, sehingga membiarkannya tak terurus hingga nantinya menjadi brebet. Kami berharap agar kejadian serupa tidak terjadi pada anda. Dengan adanya tips mengenai penyebab motor brebet di atas, semoga bisa menjadi informasi tambahan dalam merawat sepeda motor yang masbro miliki.