Tekno  

Apple Umumkan Sistem Operasi Terbarunya macOS 11.0 Big Sur, Tipe Lama Dapat Update?

Macosbigsur Apple Umumkan Sistem Operasi Terbarunya macOS 11.0 Big Sur, Tipe Lama Dapat Update?

tekno, – Setelah umumkan sistem operasi terbarunya yakni iOS14, Apple juga mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi komputernya, macOS 11.0 Big Sur pada acara yang diselenggarakan WWDC (Worldwide Developers Conference) 2020, macOS 11.0 Big Sur sendiri digadang-gadang, merupakan nama untuk memberi penghormatan kepada kawasan wisata yang berlokasi di California. 

Dalam Sistem operasi terbarunya, kali ini terdapat beberapa pembaharuan  fitur, termasuk tampilan baru interface dan dukungan untuk chip ARM, sudah tersedia untuk pengembang. Berikut ini daftar fitur-fitur terbaru dari sistem operasi macOS 11.0 Big Sur.

1. Interface pengguna baru

macosbigsur2 Apple Umumkan Sistem Operasi Terbarunya macOS 11.0 Big Sur, Tipe Lama Dapat Update?

Sistem sekarang terlihat lebih dekat dengan iPadOS dan iOS itu sendiri, dengan bilah menu transparan dan pusat kendali dengan pintasan untuk fungsi seperti AirDrop dan Bluetooth. Beberapa program juga menerima tampilan baru, seperti Pesan dan Peta, yang dikembangkan melalui Catalyst, yang memungkinkan migrasi yang mudah antara berbagai sistem operasi perusahaan. Untuk pertama kalinya di Mac, kini Anda juga dapat mengelola aplikasi favorit Anda.

Baca juga:  15 Juta Akun Pengguna Tokopedia Diisukan Bocor (Tokopedia di Hack)

2. Safari lebih lengkap dan lebih cepat

macosbigsur144 Apple Umumkan Sistem Operasi Terbarunya macOS 11.0 Big Sur, Tipe Lama Dapat Update?

Safari juga telah mengalami perubahan yang signifikan, membawa multitasking terbuka yang lebih baik. Sekarang, ketika pengguna mengarahkan mouse ke salah satu dari mereka, ia akan dapat melihat pratinjau konten yang diakses. Selain itu, kontrol privasi lebih kuat, dan memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar atas jumlah informasi yang dikumpulkan oleh setiap situs.

Yang jadi sorotan lain adalah ekstensi, yang dapat diekspor dari browser lain, selain dapat mengontrol kapan masing-masing akan aktif.

macosbigsur3 Apple Umumkan Sistem Operasi Terbarunya macOS 11.0 Big Sur, Tipe Lama Dapat Update?
XCode 12, Rosetta 2 dan Virtualisasi adalah beberapa alat utama untuk pengembang macOS baru.

Akhirnya, Apple mengikuti tren solusi lain di pasar dan sekarang memungkinkan beranda untuk disesuaikan, dengan wallpaper dan bahkan daftar bacaan.

Baca juga:  9 Rekomendasi Hp Android Snapdragon 665 Dengan Harga Murah

3. Prosesor ARM dan aplikasi iOS / iPadOS 

macosbigsur4 Apple Umumkan Sistem Operasi Terbarunya macOS 11.0 Big Sur, Tipe Lama Dapat Update?

Pabrikan mengumumkan bahwa mereka berencana untuk meninggalkan prosesor Intel untuk mengadopsi solusi sendiri , dengan chip yang mirip dengan yang terlihat di iPhone dan iPad.

Tidak hanya akan melihat manfaat dalam kinerja termal, tetapi juga integrasi yang hebat antara semua perangkat Apple. Dengan demikian, alat pengembangan juga telah diperbarui dengan sistem AI dan teknologi baru, Rosetta 2, telah diluncurkan sehingga program yang tidak kompatibel dapat dijalankan.

XCode 12, Rosetta 2 dan Virtualisasi adalah beberapa alat utama untuk pengembang macOS baru.

Fungsi virtualisasi sistem telah ditingkatkan, memungkinkan distribusi Linux untuk bekerja melalui mesin virtual. Transisi penuh dari x86 ke ARM diharapkan berlangsung selama 2 tahun.

Baca juga:  iPhone Lama Jadi Lemot. Biar Beli Baru?

Ketersediaan dan dukungan

MacOS 11.0 Big Sur diperkirakan akan menjangkau pengguna pada kuartal ketiga 2020, dengan beta publik tersedia pada awal Juli.

Untuk Developer, Apple telah memberikan akses ke sistem baru mulai hari ini . update secara gratis dan akan tersedia untuk perangkat berikut:

  1. MacBook 2015 dan yang lebih baru
  2. MacBook Air 2013 dan yang lebih baru
  3. MacBook Pro 2013 dan yang lebih baru
  4. Mac Mini 2014 dan yang lebih baru
  5. iMac 2014 dan yang lebih baru
  6. iMac Pro 2017 dan yang lebih baru
  7. Mac Pro 2013 dan yang lebih baru