Tekno  

Apa Sih Pentingnya Simulasi Proses Dalam Industri?

Simulasi Proses Dalam Industri Apa Sih Pentingnya Simulasi Proses Dalam Industri?
Design by Freepik

Perkembangan industri dalam sektor kimia yang memanfaatkan berbagai sumber daya alam contohnya minyak dan gas bumi membutuhkan perhitungan yang tingkat akurasi dan validitasnya tinggi baik pada saat awal perencanaan hingga pengoperasiannya.

Perhitungan terhadap Heat and Material Balance, Instrumentasi dan pendukungnya amatlah sangat penting. Diperlukan seorang engineer utamanya process engineer untuk mendukung hal tersebut, mereka bertugas untuk menghasilkan proses yang ekonomis dan menyederhanakan aliran proses pada suatu plant.

Jadi di process engineer ada software simulasinya contohnya Aspen HYSY. Apa sih pentingnya simulasi proses di industri?

Pentingnya Simulasi Proses dalam industri antara lain:

  1. Meningkatkan efisiensi suatu proses
  2. Melakukan analisa apabila terjadi trouble
  3. Menghitung cost/biaya energi yang harus dikeluarkan, yang diperlukan.
  4. Mengkalkulasi spesifikasi peralatan, reaksi kimia dan fisika yang terjadi dalam suatu proses produksi.
Baca juga:  7 Website Bermanfaat Bagi Mahasiswa, Wajib Dicoba Nih!!

Bayangkan kalo gak ada engineer proses. Bisa jadi pabrik/industri gak akan jalan sesuai kondisi ideal, parahnya lagi hasi produksinya gak akan optimal dan efisien. Yang dirugikan? Ya semuanya!!

Kabar baiknya adalah bos, pemilik industri akan berani bayar mahal buat kamu yang punya skill ini. Khususnya kamu yang sekarang punya basic knowledge Teknik Kimia, Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Mesin, Teknik Industri, dll.

Kalau kamu sudah punya skill ini, kamu bisa tawarkan ke mereka sebuah pemodelan proses agar industri bisa berjalan dengan baik dan efektif.