Tekno  

Alasan Huruf Pada Keyboard Dibuat Acak

keyboard Alasan Huruf Pada Keyboard Dibuat Acak

Pernah gak sih kalian bertanya-tanya kenapa huruf keyboard acak-acak? kira-kira apa ya alasannya dibuat seperti itu? yuk simak asal usulnya dibawah ini.

Pertama kali ada pada Tahun 1868, Saat itu Christopher Latham Sholes yang merupakan seorang editor dan pencetak koran di Amerika menciptakan keyboard dari mesin ketik sederhana.

christopher latham sholes Alasan Huruf Pada Keyboard Dibuat Acak

Model mesin ketik kala itu mirip seperti keyboard pada piano. Baris pertama adalah angka ganjil dan huruf N sampai Z, sementara baris kedua merupakan angka genap dan huruf A sampai M serta titik.

Model keyboard dengan huruf berurutan, menghambat pekerjaan para pengguna. Saat huruf yang berdekatan ditekan bersamaan atau terlalu cepat, dua kait hurufnya bergerak bersamaan sehingga jika mengetik terlalu cepat maka akan tersangkut.

Baca juga:  Inilah Kisah Dibalik Terbentuknya Hello World

Bentuk QWERTY mulai diubah oleh E.Remington setelah membeli hak milik mesin ketik Christopher pada tahun 1873. Seorang ilmuan bernama Eliphalet Remington mencetuskan untuk mengacak huruf keyboard, dengan tujuan dapat mencegah kerusakan pada mesin ketik dan mempercepat kinerja memindahkan jari saat mengetik.

Nah itu dia sejarah singkat tentang bagaimana susunan keyboard bisa seperti sekarang ini. Apakah ada yang sudah mengetahui fakta ini sebelumnya?