7 WNI yang Tertular Virus Korona di Luar Negeri Dinyatakan Sembuh

Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah 7 WNI yang Tertular Virus Korona di Luar Negeri Dinyatakan Sembuh
Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan setidaknya 7 WNI di luar negeri sudah sembuh dari virus Korona (ANTARA/Aria Cindyara)

detakhukum.com, Jakarta – Penyebaran virus corona (COVID-19) yang sangat cepat membuat banyak masyarakat resah. Jumlah WNI di luar negeri pun yang terinfeksi virus mematikan ini bertambah.

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri ikut tertular virus Korona jenis baru atau COVID-19. Mereka adalah WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess, WNI di Singapura, WNI di Taiwan, dan baru-baru ini WNI di Australia.

Kabar baik disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri RI. Setidaknya 6 WNI di Jepang dan 1 WNI di Singapura sudah dinyatakan sembuh.

Data yang dimiliki Kementerian Luar Negeri RI, ada 13 WNI di luar negeri yang dinyatakan positif COVID-19. Sebanyak 9 WNI di Jepang yang merupakan ABK kapal pesiar Diamond Princess, 3 WNI di Singapura, dan 1 WNI di Taiwan.

“Untuk WNI ABK kapal pesiar Diamond Princess yang sakit di Jepang, (dua orang sudah pulang). Satu orang sudah sembuh dan pulang ke tanah air dengan Garuda (ikut dengan rombongan yang dipulangkan) dan 1 lainnya juga pulang secara mandiri,” kata Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada JawaPos.com, Senin (09/03/2020).

Sementara itu, 4 WNI lainnya di Jepang yang sudah sehat juga akan diatur kepulangannya. Selain itu, juga secara mandiri. Sehingga total sudah ada 6 ABK WNI yang sudah sembuh atau dinyatakan sehat.

Di sisi lain, 1 WNI di Singapura yang bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) juga sudah dinyatakan sehat. Dan, saat ini masih tetap berada di Singapura.

“Lalu ada 2 lainnya dalam perawatan (di Singapura) dan kondisinya stabil. 1 WNI di Taiwan juga dalam kondisi stabil,” pungkas Teuku Faizasyah.