Health  

5 Tips Sehat Terhindar Dari Kolestrol Tinggi

kolestroljpg 1 5 Tips Sehat Terhindar Dari Kolestrol Tinggi

Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Kolesterol dalam kadar yang sesuai sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Kolesterol tinggi bukanlah nama sebuah penyakit, tapi bisa menjadi sumber munculnya berbagai penyakit. Bukan penyakit sembarangan, tapi penyakit kelas kakap seperti stroke, serangan jantung, diabetes dan sebagainya.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang berolahraga dan konsumsi alkohol bisa menjadi penyebab seseorang mengidap kolesterol tinggi. Makanan juga bisa menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Makanan cepat saji adalah salah satu penyebabnya.

Baca juga:  Kesehatan : Investasi Jangka Panjang Yang Sering Terlupakan

Lalu bagaimana cara terhindar dan mengatasi kolesterol tinggi dalam tubuh? Oke, anda bisa mempraktekan 5 tips sehat berikut ini untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan total kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Ini tidak hanya meningkatkan kesehatan tetapi juga tampak merasa lebih baik.

2. Menjaga pola makan yang sehat

Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dengan membatasi semua jenis lemak, termasuk lemak jenuh dan gantikan dengan lemak tak jenuh. Makanlah juga makanan yang rendah kolesterol. Kolesterol hanya ada pada produk hewani, sebagian besar pada jeroan (usus, babat, otak, limpa, dll), kuning telur, seafood (udang, cumi, kerang, kepiting), dan lemak hewani. Konsumsi tinggi kolesterol akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, jadi batasi penggunaan bahan makanan yang mengandung kolesterol rata-rata maksimal 250 mg per hari.

Baca juga:  Manfaat Minyak Biji Kamelia, Rahasia Kulit Mulus

3. Makanlah lebih banyak serat

Serat banyak terdapat pada havermut, sereal, buah dan sayuran, kacang panjang, dan semua jenis kacang-kacangan dalam jumlah terbatas dapat membantu menetralisir kadar kolesterol dalam darah kita.

4. Menghentikan kebiasaan buruk

Merokok,minum alkohol dapat merusak dinding pembuluh darah. Merokok dapat pula menurunkan kadar kolesterol HDL di dalam darah dan menurunkan perlindungan terhadap terjadinya aterosklerosis. Maka apabila Anda perokok, berhentilah mulai sekarang.

Sebagai gantinya, perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk melancarkan peredaran darah, memelihara fungsi ginjal dan usus, serta mengontrol asupan kalori.

5. Olahraga rutin

Kurang berolahraga berhubungan langsung dengan rendahnya kadar kolesterol HDL. Lakukan olahraga secara rutin sedikitnya 30 – 45 menit per hari sebanyak 5 kali seminggu. Seperti jalan santai atau bersepeda.

Baca juga:  Obat Batuk Berdahak, Kering dengan Cara Tradisional