Sains  

5 Negara Terkecil Di Dunia

5 Negara Terkecil Di Dunia 5 Negara Terkecil Di Dunia

Sebenarnya untuk menjadi sebuah negara, tidaklah memerlukan wilayah atau kawasan yang luas. Bahkan jumlah penduduk bukanlah ukuran untuk membentuk suatu negara.

Faktanya bahwa di belahan dunia ini juga terdapat beberapa negara yang memiliki ukuran sangat kecil, sehingga kamu tidak akan percaya bahwa itu adalah sebuah negara. Mari kita lihat 5 negara terkecil di dunia tersebut.

1. Monaco

monaco 5 Negara Terkecil Di Dunia

Negara terkecil di dunia yang pertama ini adalah Monaco. Seluas wilayah hanya 2,02 kilometer persegi, Monako juga berstatus negara berdaulat. Namun pertahanan negara masih bergantung pada Prancis.

2. Nauru

nauru 5 Negara Terkecil Di Dunia

Dulunya dikenal sebagai Pulau Pleasant, Republik Nauru telah menjadi negara berdaulat sejak 31 Januari 1968. Negara ini terletak di Samudra Pasifik dan luasnya hanya 21 kilometer persegi.

Baca juga:  Jatuhnya Meteor di Indonesia Sempat Viral. Apa Sih, Batu Meteor Itu?

3. Liberland

liberland 5 Negara Terkecil Di Dunia

Negara Liberland terletak di tengah-tengah antara Kroasia dan Serbia. Luas negara itu hanya 8 kilometer persegi. Ini tidak berisi tempat tinggal atau bangunan apapun tetapi hanya memiliki pertanian dan kawasan hutan.

Kebijakan hukum negara ini adalah bahwa setiap orang berhak menjadi warga negara kecuali mereka yang mempraktikkan ideologi Nazi serta mereka yang memiliki catatan kriminal.

4. Sealand

sealand 5 Negara Terkecil Di Dunia

Sekilas, itu hanya terlihat seperti rig oli tua yang bobrok. Tapi faktanya itu adalah sebuah negara !!! Terletak 9,6 kilometer di lepas pantai Suffolk, Inggris, Sealand, yang luasnya hanya 1,6 kilometer persegi, dikukuhkan sebagai sebuah negara.

5. Vatikan

vatican 1 5 Negara Terkecil Di Dunia

Ini adalah salah satu negara terkecil di dunia. Dengan luas hanya 44 hektar, Vatikan berpenduduk sekitar 1.000 orang. Sumber pendapatan utama negara ini adalah dari penjualan buku, suvenir, dan tiket museum yang tersedia di negara ini.

Baca juga:  Unik, Ternyata Bayi Kembar Memiliki Bahasa Asing