Tips  

4 Alasan Kenapa Lo Butuh Support System

Support System 4 Alasan Kenapa Lo Butuh Support System
Designed by Freepik

Lo tau kan istilah support system? bener Istilah ini merujuk pada sistem dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang bisa lo percaya sebagai tempat mencari bimbingan atau menyampaikan keluh kesah alias teman curhat.

Di masa seperti ini, saya rasa support system sangat krusial, jangan sampai kita terjerumus terus gak bisa bangun bangun ya. Berikut ini 4 alasan kenapa lo butuh support system.

1. Jaring Pengaman

Saat lo sedang terjatuh, merasa down sekali atau sedang mengalami krisis, support system bisa berfungsi sebagai jaring pengaman lo. Analoginya, apabila lo sedang terjatuh, ada yang menahan, menjaga dan menyelamatkan lo. Agar lo tidak langsung tersungkur ke tanah atau jatuh ke dalam jurang depresi.

Baca juga:  5 Hal Yang Harus Dijaga Agar Pertemanan Tidak Ambyar

2. Bounce Back

Support system dapat memberikan lo motivasi untuk bangkit lagi dengan versi lo yang lebih kuat. Jadi mental lo ibaratnya seperti immune system, semakin sering dia terpapar, semakin dia beradaptasi untuk semakin kuat. Semakain di tempa, semakin baik.

Tapi kadang imun sistem bisa keok juga kan. Nah, motivasi dari supporting system itu bekerja seperti halnya vitamin, dia dengan cepat membantu proses penyembuhan dan membantu lo agar bisa kuat kembali.

3. POV Multi Angle

Untuk melihat suatu masalah tidak hanya dari satu sudut pandang saja, yaitu sudut pandang lo doang. Harapanya, dengan adanya support system, lo bisa melihat dari banyak sudut pandang. Bisa helicopter view, bisa 360 derajat dan pandangan-pandangan yang lain.

Baca juga:  Bertahan Ditengah Kesulitan Dengan Prinsip Learning Agility

Jadi nantinya lo bisa mendapatkan solusi yang lebih bijaksana, dapat menambah atau mendorong lo untuk berlaku positif dan membantu kita melakukan pengembangan diri.

4. Faster Recovery

Satu hal yang saya pelajari, menunda-nunda atau terus bekutat dan berlama-lama di suatu masalah, tidak akan mendatangkan hal baik. Hanya membuang-buang waktu saja, malah dapat membuat lo makin lama berkubang di lumpur, makin kotor dan makin terhisap tidak bisa keluar. Keadaan lo malah cenderung akan menjadi lebih buruk.

Dengan kehadiran support system, proses penyelesaian masalah dan penyembuhan jadi lebih cepat. Karena ada yang ingein dan memotivasi lo. Ada quote yang menarik dari pak James:

“Yang paling berharga di dunia itu adalah waktu”.

Kalau lo overthinking dan gak mulai tak action, lo udah membunuh sesuatu yang paling berharga. Sia-sia sekali waktu lo.

Baca juga:  Dari Kaya Jatuh Miskin, Inilah Perjalanan Hidup Bob Sadino

Support system bisa jadi adalah orang terdekat kita seperti keluarga, sahabat dan teman, bersyukurlah kalau lo mempunyai support system. Sekuat tenaga harus lo jaga dan rawat mereka.