VPS HOSTING
VPS HOSTING

Setelah KRI Nanggala-402 Ditemukan, Apa Saja Fakta-Fakta Terbaru

  • Bagikan
Nanggala 402 Setelah KRI Nanggala-402 Ditemukan, Apa Saja Fakta-Fakta Terbaru

detakhukum.com – Kapal Selam KRI Nanggala-402 akhirnya ditemukan pada Minggu (25/4/2021). KRI Nanggala-402 ditemukan dalam kondisi terbelah di kedalaman 838 meter dan seluruh awak kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur. Apa saja fakta-fakta yang ditemukan?

Ditemukan di kedalaman 838 meter

Nanggala2 Setelah KRI Nanggala-402 Ditemukan, Apa Saja Fakta-Fakta Terbaru

Serpihan badan kapal pada posisi 95 kilometer dari utara Bali, tepatnya dari datum satu tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan. Padahal, batas maksimal kedalaman yang bisa dijelajahi Nanggala-402 hanya 300 meter di bawah permukaan laut.

Akibatnya, KRI Nanggala-402 menerima tekanan yang jauh melampaui kemampuannya. Kapal ini didesain mampu menahan tekanan atmosfer 31 bar, sementara di kedalaman 838 meter tekanan atmosfernya mencapai sekitar 80-an atmosfer.

Kondisi kapal KRI Nanggala-402 setelah diketemukan terbelah menjadi 3 bagian

nanggala3 Setelah KRI Nanggala-402 Ditemukan, Apa Saja Fakta-Fakta Terbaru

Pemindaian yang dilakukan kapal MV Swift Rescue Singapore dengan robot bawah laut atau Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV), menemukan bagian belakang kapal tak berbadan tekan.

Kemudian, badan kapal dan bagian buritan lepas dari badan utama yang berbadan tekan. Investigasi akan segera dilakukan setelah pengangkatan seluruh serpihan kapal.

Kapal tenggelam tidak dalam kondisi blackout

Nanggala 4 Setelah KRI Nanggala-402 Ditemukan, Apa Saja Fakta-Fakta Terbaru

TNI AL mengatakan seluruh lampu kapal masih menyala dengan baik. Hal didasarkan dari visual terakhir tim penjejak Komando Pasukan Katak (Kopaska), pada saat kapal masuk ke dalam air, masih terlihat lampu yang menyala.

Selain lampu yang masih hidup, isyarat perang tempur dan perang menyelam masih terdengar kapal penjejak yang berjarak 50 meter. Dari situ disimpulkan bahwa kapal tak blackout.

Ada kemungkinan air tidak masuk ke beberapa bagian kabin

Nanggala 5 Setelah KRI Nanggala-402 Ditemukan, Apa Saja Fakta-Fakta Terbaru

Meski kapal selam mengalami keretakan yang diakibatkan tekanan di kedalaman 700-800 meter, ada kemungkinan bagian ruang yang tidak kemasukan air. Hal ini dikarenakan ruangan kapal yang bersekat-sekat. Bahkan, air bisa saja tidak masuk jika prajurit bisa menutup pintu kedap air.

KSAL: bukan karena human error

“Kapal ini bukan human error karena saat proses menyelam sudah melalui prosedur yang benar.” Mulai dari prosedur laporan penyelaman, melaksanakan peran-peran persiapan peralatan tempur, dan sebagainya.Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut, Konferensi pers, 25/4/2021

Kapal selam tenggelam terlalu dalam

“Sebagian besar sistem penyelamatan kapal selam mampu mencapai kedalaman sekitar 600 meter, kapal selam bisa menyelam lebih dari itu. Namun, sistem lain seperti pompa dan sistem lain kurang bisa mendukung. Jadi kapal itu bisa bertahan di kedalaman itu, tapi belum tentu bisa beroperasi.” Fran Owen, Sekertaris Submarine Institute of Australia. (Narasi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *