VPS HOSTING
VPS HOSTING

Sejarah Singkat dan Fakta-Fakta Menarik dari Ibu Kartini

  • Bagikan
R.A Kartini Sejarah Singkat dan Fakta-Fakta Menarik dari Ibu Kartini

R. A.Kartini adalah salah satu pahlawan perempuan Indonesia. Setiap tanggal 21 April kita memperingati Hari Kartini. Apakah teman-teman tahu siapa R. A. Kartini? Beliau adalah seorang pahlawan nasional perempuan yang bernama lengkap Raden Ajeng Kartini. Ibu Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879, ini dia fakta-fakta menarik dari ibu Kartini.

1. Memperjuangkan Hak Perempuan

Ibu Kartini menjadi pahlawan nasional karena memperjuangkan hak-hak perempuan. Dulu hanya laki-laki yang boleh belajar di sekolah sedangkan perempuan yang boleh bersekolah hanya keturunan bangsawan.

Karena itulah Ibu Kartini berjuang agar perempuan-perempuan Indonesia punya hak yang sama terutama dalam belajar.

2. Menulis surat ke pemerintah hindia-belanda

Pada usia 20 tahun Ibu Kartini berani menulis surat kepada pemerintah Hindia Belanda surat pertama berisi pengajuan beasiswa untuk bisa bersekolah di Belanda Ibu Kartini juga mengajukan surat agar mendapatkan beasiswa bersekolah di Batavia.

Surat itu disetujui oleh pemerintah Hindia Belanda tapi karena Ibu Kartini sudah menikah beasiswa itu akhirnya diberikan kepada Agus Salim dari Riau. Selain surat pengajuan beasiswa Ibu Kartini juga menulis surat protes kepada pemerintah Hindia Belanda, Ibu Kartini juga mengusulkan agar bahasa Melayu dan bahasa Belanda dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan.

3. Memperkenalkan ukiran Jepara sampai ke Belanda

Ibu Kartini juga memperkenalkan ukiran Jepara sampai ke Eropa loh. Pemerintah Hindia Belanda bahkan sampai mendirikan sekolah ukiran Jepara pada tahun 1929 sebagai penghargaan kepada Ibu Kartini.

4. Wafat dalam usia 25 tahun

Ibu Kartini wafat dalam usia yang masih sangat muda Yaitu 25 tahun. Beliau meninggal dunia pada tanggal 17 september 1904, empat hari setelah melahirkan Putra pertamanya.

5. Hari Kartini sebagai hari nasional

Pada 21 Mei 1964, Presiden Soekarno mengeluarkan surat keputusan presiden atau Keppres. Keppres itu menetapkan bahwa Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan kemerdekaan Indonesia. Hari lahirnya pun dijadikan sebagai hari nasional yang kita kenal sebagai Hari Kartini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *