VPS HOSTING
VPS HOSTING

Menkop Dorong UMKM Dari Semula Bisnis Konvensional Jadi Ke Bisnis Online

  • Bagikan
1602508327 Menkop Dorong UMKM Dari Semula Bisnis Konvensional Jadi Ke Bisnis Online
Menteri koperasi dan UMKM Teten Masduki

detakhukum.com,Jakarta– Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyebutkan pemerintah terus mendorong UMKM bertransformasi dari semula berbisnis di ranah konvensional menjadi daring.”Bagus bagi UMKM terhubung ke marketplace,”kata Teten dalam program khusus GenPi.co yaitu Logis Dialog Bisnis yang diselenggarakan di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Rabu (17/3). Menurut dia,hanya delapan juta UMKM yang terjun di bisnis daring per awal 2020.

Angka itu didapat setelah pemerintah mendorong transformasi selama sepuluh tahun terakhir. Tahun ini,lanjut Teten,terjadi peningkatan pesat sebanyak empat juta UMKM terjun ke bisnis daring sehingga total menjadi 12 juta.Sekarang sudah 12 juta.Hanya dalam waktu singkat naik empat juta,ucap mantan Ketua Indonesia Corruption Watch (ICW) itu

Pria Garut itu mengatakan,transformasi bisnis ke ranah daring perlu dilakukan UMKM. Sebab,pandemi Covid-19 membuat bisnis konvensional sulit dilakukan.Di sisi lain,penjualan sektor daring mengalami peningkatan.kami melihat digitalisasi keniscayaan.Tren penjualan online meningkat,ujar dia.

Namun,Teten mengakui,UMKM mengalami kesulitan terjun di bisnis digital lantaran masih minimnya pengetahuan akan hal itu.Jualan online beda pemasarannya dengan offline. Kemudian berkaitan kualitas dan kapasitas produksi mereka,tutur mantan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) itu.(jpn/red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *