VPS HOSTING
VPS HOSTING

Setahun Dihantam Pandemi, Apa Kabar Kota Wuhan?

  • Bagikan
wuhan Setahun Dihantam Pandemi, Apa Kabar Kota Wuhan?

detakhukum.com – Satu tahun silam, karantina wilayah pertama untuk mencegah penyebaran virus corona diterapkan di Wuhan, China, yang diyakini sebagai awal mula penyebaran virus corona.

Saat itu, Wuhan ditutup dari mobilitas orang yang akan masuk atau keluar ke kota lain. Beberapa bulan setelah lockdown, China berhasil mengatasi pandemi.

Setahun berlalu, bagaimana kondisi Kota Wuhan, China, saat ini? Ini selengkapnya.

Lockdown 11 juta warga selama 76 hari.

Wuhan terapkan lockdown. Kebijakan ini mengejutkan dunia, sebab kala itu otoritas China mengurung 11 juta warganya selama 76 hari demi mencegah penyebaran COVID-19.

Sejak masa karantina, jalan-jalan di Wuhan berubah sunyi seperti kota mati. Warga Wuhan hidup dalam suasana yang traumatis.

“Saya ketakutan tahun lalu, tetapi banyak hal telah meningkat pesat sejak epidemi telah dikendalikan.” Wang, Warga WUhan (VOAnews.com, 22 Januari 2021)

Yang dilakukan pemerintah China.

  • Tak cuma Kota Wuhan, China mengisolasi sejumlah kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Langkah serupa juga mulai diberlakukan di berbagai negara.
  • Ketika kapasitas rumah sakit di Wuhan lumpuh, China membangun rumah sakit darurat berkapasitas 1000 orang dalam waktu 10 hari.
  • Tes COVID-19 digelar secara massal. Dalam 9 hari Wuhan melakukan testing kepada 6,5 juta warganya.
  • Sebagian besar laboratorium di Wuhan meningkatkan kapasitas pengujian dari 46 ribu sampel menjadi 1,47 juta sampel.

Kondisi Wuhan saat ini.

Kini, setahun berlalu Wuhan tampak kembali normal. Wuhan menjadi salah satu dari sedikit kota yang mampu mengendalikan virus corona. China juga telah beranjak dari urutan teratas negara dengan kasus corona tertinggi.

China ada di urutan ke 83 dari 221 negara, dengan total kasus infeksi sebanyak 89.115 kasus positif dan 4.635 korban meninggal.

Sudah gelar perayaan dan kumpul bersama di ruang publik.

Warga Wuhan sudah merayakan pergantian tahun pada 31 Desember 2020 ke 2021. Dengan tetap bermasker, kerumunan besar warga bahkan sudah turun ke jalan dan memadati gedung populer di Wuhan, Hankou Customs House.

Untuk memulihkan ekonomi, sejumlah pasar, swalayan dan tempat hiburan di Wuhan juga telah beroperasi secara normal. (narasi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *