VPS HOSTING
VPS HOSTING

Kemendikbud Inisiasi Asesmen Kurikulum PTV Dengan Iduka

  • Bagikan
aaabc994 b9ec Kemendikbud Inisiasi Asesmen Kurikulum PTV Dengan Iduka
Webinar Kemendikbud

detakhukum.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menginisiasi program asesmen keselarasan kurikulum pendidikan tinggi vokasi (PTV) dengan industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA).

“Tujuannya untuk menganalisis kesenjangan (gap) kompetensi yang dimiliki mahasiswa ataupun lulusan vokasi dengan kompetensi yang dibutuhkan,” ujar Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Ahmad Saufi, ketika mengisi webinarnya ditengah pandemi covid19 ini.

ia menerangkan, kurikulum adalah pewujudan dan juga strategi program studi dalam mencapai tujuan pendidikannya.

Kurikulum, kata dia, merupakan faktor utama yang menentukan keseimbangan lulusan vokasi dengan kebutuhan kompetensi IDUKA

Saufi mengatakan, selama ini kurikulum di PTV sudah dibuat dengan metode panjang. Namun di sisi lain, lanjut ia, Iduka mendapati perkembangan yang amat cepat, dari mulai teknologi, infrastruktur, bidang usaha digital, sampai kelangsungan pasar.

“Maka dari itu, pendidikan vokasi membutuhkan kurikulum yang up to date dengan industri,” ucapnya di Banten hari ini.

Sementara itu, hasil dari asesmen kurikulum ialah berbentuk profil kesenjangan kompetensi yang berikutnya dipakai untuk menjalankan tinjau ulang kurikulum serta sarana prasarana.

Langkah asesmen ini penting dilakukan agar efektivitas dan juga efisiensi pendidikan vokasi meningkat, serta masing-masing program studi mendapatkan masukan untuk penyempurnaan kurikulum.

“Sedangkan, kami mempunyai rekomendasi sebagai materi pembentukan prosedur untuk program-program penyelarasan berikutnya,” tuturnya.

Pada tahun pertama implementasi program, ada lima aspek prioritas yang menjadi sasaran asesmen, mencakup permesinan, konstruksi, ekonomi kreatif, hospitality, dan juga care service.

Program ini setelah itu diampu oleh 10 PTV dengan melibatkan mitra industri serta alumni. Program Asesmen Keselarasan Kurikulum dilaksanakan dengan metode survei yang terarah dan terstruktur, yaitu membandingkan antara kompetensi lulusan PTV dan kompetensi yang dibutuhkan oleh IDUKA. (tsi/dh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *